Pokoknya, Liu Xiaobo, Selamat ya!

Kompas.com - 08/10/2010, 18:06 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Boleh dibilang, Perdana Menteri (PM) Norwegia Jens Stoltenberg berucap dalam waktu tepat. Sebagai orang nomor satu di negeri asal penghargaan Nobel itu, ia mengucapkan selamat kepada Liu Xiaobo asal China, peraih Nobel Perdamaian 2010.

Nah, pengamat mengatakan, sebagaimana warta AP dan AFP pada Jumat (8/10/2010), langkah yang diambil Stoltenberg memang bisa menyenggol hubungan Norwegia dan China. Soalnya, sebagaimana diwartakan sebelumnya, Xiaobo dianggap pembangkang oleh pemerintah China. Ia kini tengah menjalani hukuman penjara sebelas tahun. "Saya mengucapkan selamat kepada Liu Xiaobo atas kerjanya mempromosikan demokrasi dan hak asasi manusia," begitu pernyataan resmi Stoltenberg.

Sementara itu, Sekretaris Komite Nobel Geir Lundestad mengatakan, Wakil Menteri Luar Negeri China Fu Ying, saat berkunjung ke Oslo bulan lalu, pernah mengingatkannya soal penganugerahan Nobel kepada Liu Xiaobo. "Penganugerahan kepada Liu Xiaobo bisa kami interpretasikan sebagai 'sikap tak bersahabat' Norwegia. Hal itu bisa mengganggu hubungan Norwegia dan China," begitu kata Lundestad menirukan ucapan Fu Ying.

Kendati begitu, Stoltenberg menekankan kalau negerinya tetap membina hubungan akrab berikut kerja sama meluas dengan China. "Hubungan Norwegia dan China berlangsung lama dan meliputi banyak kepentingan bagi kedua negara. Diskusi mengenai isu hak asasi manusia adalah bagian dari hubungan itu," kata Stoltenberg.

Stoltenberg juga memberikan penekanan kalau pemilihan pihak Nobel terhadap Liu Xiaobo adalah independen. "Pemerintah Norwegia tak campur tangan," kata Stoltenberg. Jadi, apa pun, pokoknya, Liu Xiaobo, selamat ya!   

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.