Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintang Tua "Titanic" Meninggal di Usia 100 Tahun

Kompas.com - 28/09/2010, 15:40 WIB

HOLLYWOOD, KOMPAS.com -- Gloria Stuart, aktris pemeran Rose DeWitt Bukater tua dalam film Titanic, meninggal dunia di usia 100 tahun pada Senin (27/9/2010) waktu setempat.   

Kepada kantor berita Associated Press,  Sylvia Thompson, putri dari Gloria,  membenarkan kabar tersebut. Sang ibu, meninggal setelah mengalami gagal pernapasan di rumahnya di Los Angeles pada Minggu, (26/9/2010) malam.

"Dia juga adalah seorang yang berhasil selamat dari penyakit kanker payudara.  Dia memiliki kehidupan yang hebat. Aku tidak sedih tapi aku bahagia untuknya," kata Sylvia.

Bintang film Poor Little Rich Girl telah berhasil berjuang melawan kanker payudara 20 tahun yang lalu dan didiagnosa menderita kanker paru-paru lima tahun yang lalu.

Pada 4  Juli lalu, Gloria merayakan ulang tahunnya yang ke-100. Pesta dihelat atas inisiatif  sutradara Titanic James Cameron dan istrinya Suzy Amis.

Saat membintangi film Titanic pada tahun 1997, Gloria masih berusia 87 tahun. Atas perannya itu, ia sempat menjadi aktris tertua yang dinominasikan mendapatkan Oscar. Sayangnya, ia harus merelakan patung emas itu kepada Kim Basinger.

Sederet film telah dibintanginya, dari mulai The Invisible Man, The Prisoner of Shark Island, Roman Scandals, Gold Diggers of 1953, Here Comes the Navydan, hingga Rebecca of Sunnybrook Farm.

Film Land of Plenty karya sutradara Win Wenders yang diproduksi pada tahun 2004, menjadi penampilan terakhirnya di dunia akting.  

Ia pernah menerbitkan sebuah otobiografi yang berjudul Gloria Stuart: I Just Keep Hoping pada tahun 1999.

Menilik kehidupan pribadinya, Gloria pernah menikah dua kali. Pernikahan pertamanya dengan Blair Gordon Newell poada tahun 1930 dan bercerai di tahun 1934. Tak lama setelah bercerai,  ia menikah dengan Arthur Sheekman hingga kematian  memisahkannya. Arthur meninggal pada tahun 1978.  Gloria meninggalkan seorang putri, empat cucu dan 12 cicit.

Kabar kepergian Gloria, membuat rekan mainnya di Titanic berduka.  "Saya sangat sedih mendengar hilangnya wanita yang luar biasa. Saya merasa diberkati dan telah bertemu dengannya, mengenal dan  berakting bersamanya. Siapapun yang pernah menghabiskan waktu dengannya akan tahu  bahwa dia adalah cahaya yag luar biasa. Dia akan sangat dirindukan," kata Kate Winslet.

Tak beda dengan Winslet,  Leonardo DiCaprio juga begitu mengagumi sosoknya.  "Orang yang luar biasa manis, seorang aktris fantastis, dan seseorang yang selalu berjuang untuk apa yang dia yakini. Dia adalah salah satu aktris besar terakhir dari era Emas Hollywood. Saya merasa terhormat telah bekerja bersamanya," katanya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com