Pendaki Mapala UI Gapai Puncak Elbrus

Kompas.com - 25/09/2010, 12:16 WIB
EditorLatief

DEPOK, KOMPAS.com — Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) kembali menempatkan nama Indonesia di puncak gunung tertinggi di lempeng Benua Eropa, Puncak Elbrus (5.642 meter). Dody Johanjaya, pendaki Mapala UI, berhasil mencapai Puncak Elbrus tersebut secara solo pada Jumat (24/9/2010) sore waktu setempat.

Demikian pesan SMS yang dikirimkan Dody melalui rekan Mapala UI, Makky Ananda, di Jakarta. "Kabut tebal benar, jarak pandang 7 meter, hujan salju dan angin kencang, cuaca buruk, trek enggak kelihatan, semua serba putih," begitu bunyi SMS Dody kepada Makky Ananda, Jumat.

Menurut Makky, keberhasilan Dody tersebut seperti upaya memperingati pencapaian Elbrus 20 tahun lalu oleh dua anggota senior Mapala UI, almarhum Didiek Samsu dan Aloysius Febrian. Didiek dan Aloy adalah dua anggota Mapala UI yang berhasil mencapai puncak gunung pada 1 Oktober 1990.

Uniknya, di puncak gunung yang berada di kawasan Kaukasus, Rusia, itu Dody melakukan pendakian dan summit attack (pencapaian ke puncak) secara solo atau tanpa ditemani pemandu gunung lokal. Sejatinya, hal ini yang membedakan Dody dengan prestasi pendaki-pendaki gunung Indonesia yang juga telah menggapai Puncak Elbrus secara tim.

Dalam beberapa SMS-nya ke Tanah Air, Dody menceritakan, cuaca buruk terus menerpanya untuk bisa mencapai puncak gunung, yang oleh masyarakat setempat disebut oshkamakho atau gunung kebahagiaan itu. Namun, Dody terus mencoba melawan hambatan alam dengan terus mendaki pada saat para pendaki lain turun kembali karena menganggap mustahil dilakukan.

Ia mengisahkan, Dody memang sempat turun kembali ke ketinggian 4.800 meter setelah berusaha satu jam melawan angin yang menderu-deru. Sampai akhirnya, pada Jumat selepas tengah hari itu, dedengkot acara petualangan di stasiun televisi swasta, Jejak Petualang, ini sukses menapaki ketinggian 5.642 meter Puncak Elbrus.

Tujuh Puncak di Tujuh Benua

Pada tahun 2010 tercatat lebih dari 15 pendaki gunung Indonesia mencoba menggapai Puncak Elbrus, yang terletak dekat perbatasan Rusia dan Georgia ini. Pendakian tersebut tak lepas dari target untuk mencapai tujuan ekspedisi Seven Summits atau Tujuh Puncak Dunia oleh pendaki-pendaki gunung Indonesia itu.

Sebelumnya, pada 19 Agustus 2010, tim dari Wanadri berhasil mencapai Puncak Elbrus. Tim tersebut sempat gagal mewujudkan pengibaran Merah Putih di puncak gunung itu pada 17 Agustus 2010 karena dihadang cuaca buruk.

Setelah Wanadri, tim Mahitala Universitas Parahyangan juga berhasil mendaki Elbrus. Mahitala bahkan membuat rute baru melalui sisi barat laut dan berhasil mencapai puncak gunung itu pada 25 Agustus 2010.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.