Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kongkalikong Fulus Landa Bank Vatikan

Kompas.com - 21/09/2010, 21:05 WIB

KOMPAS.com — Bank Vatikan memang mengelola uang berbagai ordo di dalam Gereja Katolik Roma. Nah, lantaran duit pula, kongkalikong fulus pun melanda bank tersebut.

Polisi Italia, sebagaimana warta AP dan AFP pada Selasa (21/9/2010), tengah menyelidiki dua pejabat bank tersebut. Tuduhannya adalah pelanggaran undang-undang antipemutihan uang. Untuk perkara ini, tim jaksa Italia ikut ambil bagian memeriksa.

Ettore Gotti Tedeschi dan seorang pejabat senior lain menjadi sasaran investigasi setelah dua transaksi mencurigakan dilaporkan ke polisi. Dana senilai sekitar 23 juta euro disita dari beberapa rekening milik bank tersebut pada lembaga lain.

Sementara itu, Vatikan menyatakan bingung atas tuduhan-tuduhan tersebut.

Bank Vatikan dililit skandal pada 1982 ketika gubenur bank tersebut, Uskup Agung Paul Marcinkus, didakwa atas keterlibatannya dalam ambruknya bank swasta terbesar Italia ketika itu, Banco Ambrosiano. Setelah skandal tersebut tersebar ke publik, dua pejabat tinggi bank tersebut, termasuk direktur utama, Roberto Calvi, dibunuh.

Jasad Calvi yang dikenal dengan julukan "God's Banker" atau "Bankir Tuhan" akibat hubungan dekatnya dengan Vatikan didapati tergantung di bawah sebuah jembatan di pusat kota London. Pembunuhan Calvi memperlihatkan ciri-ciri pembunuhan ritual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com