Partai Pekerja Bertemu, Kim Jong Un Ditunggu

Kompas.com - 21/09/2010, 15:12 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Kim Jong Un kira-kira boleh digambarkan sebagai siluman. Makin sering disebut namanya. Tapi, boro-boro khalayak tahu wajahnya. Bahkan sampai kini, juru foto media Barat belum pernah memotret sosok yang acap disebut-sebut sebagai "pangeran" di kalangan petinggi Korea Utara.

Oh iya, Kim Jong Un adalah anak kandung pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Il dari istri bernama Ko Young Hee. Dari perempuan artis penari etnis Korea kelahiran Jepang ini, Kim Jong Il juga punya anak laki-laki bernama Kim Jong Chul.

Sementara itu, Kim Jong Il juga memiliki istri kedua bernama Song Hye Rim. Dari rahim perempuan yang juga aktris terkenal Korut ini lahirlah anak laki-laki bernama Kim Jong Nam.

1980

Menengok sedikit ke belakang, sebagaimana catatan Kantor Berita Korut pada Selasa (21/9/2010), nama Kim Jong Il pada 1980 disebut dalam pertemuan Partai Pekerja oleh pemimpin Korut kala itu, Kim Il Sung. Pascapertemuan itu, Kim Jong Il pun setahap demi setahap menjadi pemimpin baru Korut. Kim Il Sung meninggal dunia pada 1994.

Selanjutnya, cara-cara seperti itu, menurut analisis media luar Korut, akan ditempuh dalam pertemuan Partai Pekerja pekan depan. Pertemuan itu merupakan konferensi pertama dalam waktu 20 tahun belakangan. "Konferensi Partai Pekerja Korea untuk memilih dewan kepemimpinan agung akan berlangsung di Pyongyang pada tanggal 28 September," begitu bunyi pengumuman media Korut.

Kim Jong Il yang berusia 68 tahun dilaporkan terkena stroke pada 2008 dan menjalani pengobatan di China. Kendati begitu, baik Korea Utara maupun China tidak pernah mengukuhkan laporan tersebut.

Kabar burung tentang pilihan Kim atas putra ketiganya yang berusia 26 atau 27 tahun itu mulai terdengar ke dunia luar tahun lalu. Tak banyak yang diketahui tentang Kim Jong Un selain catatan kalau dirinya sempat menempuh pendidikan di Swiss.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.