Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Agenda Utama Paus di London

Kompas.com - 17/09/2010, 14:58 WIB

KOMPAS.com — Kunjungan hari kedua Paus Benediktus XVI di Inggris berbekal tiga agenda. Media massa Inggris, seperti The Sun, Jumat (17/9/2010), menulis, Paus bakal melakukan pembicaraan dengan pihak-pihak terkait Inggris mengenai pendidikan Katolik, hubungan Gereja Katolik Roma dengan Gereja Anglikan Inggris, dan peran agama dalam kehidupan.

Di London, Paus disambut Wali Kota Boris Johnson setelah kemarin pemimpin Gereja Katolik Roma berusia 85 tahun itu memimpin misa di Glasgow, Skotlandia. Acara itu dihadiri oleh sekitar 70.000 umat Katolik.

Pertemuan Paus dengan 4.000 kaum muda yang disebut Majelis Besar digelar di Universitas Saint Mary di Twickenham, London barat. Gereja Katolik melihat kesempatan ini untuk memuji 2.000 sekolah Katolik di seluruh Inggris, yang bekerja sama dengan Pemerintah Inggris.

Seusai menghadiri Majelis Besar, Paus akan bertemu dengan perwakilan sejumlah tokoh agama Inggris sebelum bertemu khusus dengan Uskup Agung Canterbury, Rowan Williams. Pertemuan ini menjadi simbol rekonsiliasi kedua gereja karena Gereja Anglikan merupakan pecahan dari Gereja Katolik di bawah masa pemerintahan Raja Henry VIII.

Kunjungan hari kedua akan berakhir dengan doa di Westminster Abbey sebelum jamuan makan malam kenegaraan untuk menghormati Paus. Kendati demikian, Paus diperkirakan tidak hadir.

Media massa Inggris juga menyiratkan problem pelecehan seksual yang melibatkan pastor Katolik masih memunculkan bayangan dalam kunjungan Paus saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com