Tiga Agenda Utama Paus di London

Kompas.com - 17/09/2010, 14:58 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Kunjungan hari kedua Paus Benediktus XVI di Inggris berbekal tiga agenda. Media massa Inggris, seperti The Sun, Jumat (17/9/2010), menulis, Paus bakal melakukan pembicaraan dengan pihak-pihak terkait Inggris mengenai pendidikan Katolik, hubungan Gereja Katolik Roma dengan Gereja Anglikan Inggris, dan peran agama dalam kehidupan.

Di London, Paus disambut Wali Kota Boris Johnson setelah kemarin pemimpin Gereja Katolik Roma berusia 85 tahun itu memimpin misa di Glasgow, Skotlandia. Acara itu dihadiri oleh sekitar 70.000 umat Katolik.

Pertemuan Paus dengan 4.000 kaum muda yang disebut Majelis Besar digelar di Universitas Saint Mary di Twickenham, London barat. Gereja Katolik melihat kesempatan ini untuk memuji 2.000 sekolah Katolik di seluruh Inggris, yang bekerja sama dengan Pemerintah Inggris.

Seusai menghadiri Majelis Besar, Paus akan bertemu dengan perwakilan sejumlah tokoh agama Inggris sebelum bertemu khusus dengan Uskup Agung Canterbury, Rowan Williams. Pertemuan ini menjadi simbol rekonsiliasi kedua gereja karena Gereja Anglikan merupakan pecahan dari Gereja Katolik di bawah masa pemerintahan Raja Henry VIII.

Kunjungan hari kedua akan berakhir dengan doa di Westminster Abbey sebelum jamuan makan malam kenegaraan untuk menghormati Paus. Kendati demikian, Paus diperkirakan tidak hadir.

Media massa Inggris juga menyiratkan problem pelecehan seksual yang melibatkan pastor Katolik masih memunculkan bayangan dalam kunjungan Paus saat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.