Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Awali Kunjungan ke Inggris

Kompas.com - 16/09/2010, 18:48 WIB

KOMPAS.com — Selepas mendarat di Edinburg, Skotlandia, Kamis (16/9/2010), Paus Benediktus XVI mengawali kunjungannya ke Inggris Raya. Menurut catatan The Sun, di Edinburg, Paus akan bertemu dengan Ratu Elizabeth II di Holyrood House. Di Edinburg juga, Paus akan diarak berkeliling kota sebelum memimpin perayaan misa di Glasgow.

Kunjungan Paus Benediktus XVI ke Inggris Raya kali ini adalah kesempatan selama 28 tahun sejak pendahulunya, Paus Yohanes Paulus II melakukan hal yang sama. Pada kunjungan tersebut, Paus Benediktus XVI dibayang-bayangi dampak komentar penasihatnya, Kardinal Walter Kasper.

Ceritanya, sebelum kunjungan terlaksana, Kardinal Walter Kasper mengatakan di sebuah media massa Jerman kalau di Inggris terjadi sekularisasi besar-besaran. "Kalau Anda mendarat di Inggris, Anda seperti mendarat di 'Dunia Ketiga'," begitu komentar kardinal gaek itu.

Namun, Vatikan mengatakan kalau komentar itu untuk menunjukkan keanekaragaman budaya di Inggris. Sudah begitu, Kardinal Walter tidak ikut pula dalam rombongan Paus kali ini. Padahal, Pemimpin Gereja Katolik Skotlandia Kardinal Keith O'Brien berharap kalau Kardinal Wartel ikut. "Paling tidak, di sini, Kardinal Walter bisa mengatakan maaf untuk komentarnya itu," kata O'Brien seraya menambahkan kalau permintaan maaf Kardinal Walter tetap dinanti dalam kesempatan apa pun.

Di dalam rombongan itu, Paus disertai oleh 30 pejabat senior Vatikan dan lusinan jurnalis. Sementara agenda lainnya selama kunjungan adalah pertemuan Paus Benediktus XVI dengan Perdana Menteri James Cameron.

Puncak kunjungan Paus yang berakhir pada Minggu (19/9/2010) adalah perayaan beratifikasi atau penganugerahaan sebagai orang kudus dalam ritus Gereja Katolik Roma untuk almarhum Kardinal John Henry Newman. Acara itu bakal digelar di Birmingham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com