Paus Awali Kunjungan ke Inggris

Kompas.com - 16/09/2010, 18:48 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Selepas mendarat di Edinburg, Skotlandia, Kamis (16/9/2010), Paus Benediktus XVI mengawali kunjungannya ke Inggris Raya. Menurut catatan The Sun, di Edinburg, Paus akan bertemu dengan Ratu Elizabeth II di Holyrood House. Di Edinburg juga, Paus akan diarak berkeliling kota sebelum memimpin perayaan misa di Glasgow.

Kunjungan Paus Benediktus XVI ke Inggris Raya kali ini adalah kesempatan selama 28 tahun sejak pendahulunya, Paus Yohanes Paulus II melakukan hal yang sama. Pada kunjungan tersebut, Paus Benediktus XVI dibayang-bayangi dampak komentar penasihatnya, Kardinal Walter Kasper.

Ceritanya, sebelum kunjungan terlaksana, Kardinal Walter Kasper mengatakan di sebuah media massa Jerman kalau di Inggris terjadi sekularisasi besar-besaran. "Kalau Anda mendarat di Inggris, Anda seperti mendarat di 'Dunia Ketiga'," begitu komentar kardinal gaek itu.

Namun, Vatikan mengatakan kalau komentar itu untuk menunjukkan keanekaragaman budaya di Inggris. Sudah begitu, Kardinal Walter tidak ikut pula dalam rombongan Paus kali ini. Padahal, Pemimpin Gereja Katolik Skotlandia Kardinal Keith O'Brien berharap kalau Kardinal Wartel ikut. "Paling tidak, di sini, Kardinal Walter bisa mengatakan maaf untuk komentarnya itu," kata O'Brien seraya menambahkan kalau permintaan maaf Kardinal Walter tetap dinanti dalam kesempatan apa pun.

Di dalam rombongan itu, Paus disertai oleh 30 pejabat senior Vatikan dan lusinan jurnalis. Sementara agenda lainnya selama kunjungan adalah pertemuan Paus Benediktus XVI dengan Perdana Menteri James Cameron.

Puncak kunjungan Paus yang berakhir pada Minggu (19/9/2010) adalah perayaan beratifikasi atau penganugerahaan sebagai orang kudus dalam ritus Gereja Katolik Roma untuk almarhum Kardinal John Henry Newman. Acara itu bakal digelar di Birmingham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.