Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Belanja Kosmetik Lebih Banyak dari Wanita?

Kompas.com - 16/09/2010, 12:33 WIB

KOMPAS.com - Umumnya, wanita yang ingin tampil cantik dengan mengeluarkan banyak uang demi tampil cantik dan menarik. Biasanya, uang tersebut larinya ke hal-hal kecil, seperti kosmetika, perhiasan, baju, dan sebagainya. Sementara pria, dikenal membelanjakan uang untuk barang yang bersifat besar dan fungsional, misal, mobil, rumah, dan sebagainya.

Baru beberapa tahun belakangan ini saja para produsen kosmetik mulai melirik pria sebagai target penjualannya. Namun, ada dua negara yang ternyata warga berkelamin prianya belanja kosmetik lebih banyak dari wanitanya.

Inggris dan Italia dikenal memiliki pria yang necis dan menjaga penampilan. Menurut penelitian, para pria di kedua negara itu mengeluarkan lebih banyak uang untuk mengurus penampilannya ketimbang wanita di negara masing-masing. Pria Inggris, yang berusia 18-35 tahun rata-rata mengeluarkan 14 euro per minggu (sekitar Rp 161.000) untuk produk krem dan perawatan rambut. Sementara wanitanya, rata-rata sekitar 13 euro.

Satu dari 5 pria di Italia dan Inggris menggunakan pelembap, dan 1 dari 20 pria di sana menggunakan catok rambut. Populasi pria di Italia mengeluarkan sekitar 250 juta euro per tahunnya untuk produk kosmetik. Menurut studi pula, pria di Italia sangat irit dalam pengeluaran hiburan, mereka lebih memilih mengeluarkan uang untuk produk perawatan penampilan.

Mungkin pula, di negara-negara tersebut, kebanyakan pria didampingi oleh para ahli, seperti dermatolog ketimbang penjaga di gerai kecantikan. Menurut Italian Association of Cosmetic Surgeons, 40 persen dari klien spa-salon di sana adalah pria. Diperkirakan, dalam keseharian, pria menggunakan sekitar 7 produk untuk perawatan kecantikan, sementara wanita rata-rata menggunakan 10 produk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com