Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Setujui Bantuan Banjir Bagi Korut

Kompas.com - 16/09/2010, 04:30 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Selatan, Rabu menyetujui rencana sejumlah organisasi kemanusiaan Korsel mengirim bantuan bagi para korban banjir di Korea Utara.

Kementerian Urusan Unifikasi menyatakan persetujuan pemerintah atas permohonan pengiriman bantuan senilai 2,24 miliar won (1,2 juta dolar) termasuk 203 ton beras itu sudah dikeluarkan hari Selasa.

"Bantuan bagi para korban banjir di Sinuiju dan Kaesong itu antara lain meliputi tepung, roti, selimut, dan mie instan," kata Juru Bicara Kementerian Urusan Unifikasi, Chun Hae-Sung.

Pengapalan pertama 400 ton tepung akan dilakukan Kamis (16/9/2010) ini.

Pekan ini, sudah dua kali kelompok-kelompok kemanusiaan Korsel mengumumkan keinginan mereka membantu para korban banjir yang melanda kota Sinuiju di perbatasan China dan Kaesong, sebuah kota kecil di utara Semenanjung Korea.

Palang Merah Korsel mengatakan, Senin, pihaknya akan mengirimkan bantuan senilai 10 miliar won, termasuk 5.000 ton beras, 10.000 ton semen dan tiga juta kemasan mie instan.

Pemerintah Korsel yang diwajibkan UU mengesahkan hubungan lintas perbatasan negara ini akan menanggung sebagian besar biaya pengiriman bantuan Palang Merah negara itu.

Korea Utara yang akan menyelenggarakan pertemuan penting partai komunis yang berkuasa telah mengadakan serangkaian tawaran damai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com