Enam Pendaki Wanadri Putri Menjajal Elbrus

Kompas.com - 15/09/2010, 03:51 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Tim pendaki putri Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri tidak mau kalah dari tim pendaki putra. Enam pendaki putri Wanadri, Rabu (15/9), berangkat ke Rusia untuk melakukan pendakian ke puncak tertinggi di Eropa, Puncak Elbrus yang terletak di 5.642 meter di atas permukaan laut.

Nungki Irma Nurmala Pratikto, Koordinator Wanadri Women Series Expedition (WWSE), Selasa (14/9), seusai pelepasan tim Ekspedisi Putri Wanadri di Kantor Menpora Jakarta, mengatakan, mendaki gunung biasanya diidentikkan dengan kegiatan olahraga yang dilakukan laki-laki. Apalagi bila gunung yang hendak didaki termasuk kategori gunung es.

Namun, ujar Nungki, WWSE yang terdiri dari para pendaki putri berbagai usia itu ingin mematahkan anggapan tersebut. Puncak Elbrus yang terletak di pegunungan Kaukasus, tepatnya di perbatasan Georgia dan Rusia, akan menjadi sasaran pertama tim WWSE. Pada April 2011, Mont Blanc di Perancis akan menjadi sasaran kedua.

Nungki mengatakan, untuk mencapai puncak Elbrus, tim akan memulai pendakian dari base camp Mineralnye Vody, Sabtu (18/9). Direncanakan, pada pendakian hari Sabtu atau hari pertama tim akan mencapai ketinggian 3.452 meter.

Di ketinggian itu tim akan melakukan aklimatisasi untuk mencapai ketinggian selanjutnya. Pada Minggu (19 September) hingga Selasa (21 September) tim akan melakukan pendakian bertahap menuju puncak dengan disertai aklimatisasi.

”Kami menargetkan akan mencapai puncak Elbrus pada Selasa atau Rabu. Kami harus mengantisipasi adanya badai,” ujar Nungki.

Di puncak, tim direncanakan akan mengibarkan bendera Merah Putih, bendera Wanadri, dan bendera Kemenpora. ”Kami akan kembali ke Tanah Air pada 27 September 2010,” ujar Nungki.

Adapun tim putri Wanadri terdiri atas Nungki Irma Nurmala Pratikto, Sudriwati Fitri, Maria Jeanindya, Indriani Setiawati, Nisa Fadilatul Rohmah, dan Tatty Djahrab. Tim putri Wanadri didukung pula pendaki putra Wanadri Djukardi Adriana, Dondy Bratha Sodjono, dan Asep Rahmat Sofyan.

Menpora Andi A Mallarangeng mengatakan, pendakian tim putri Wanadri diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi para perempuan muda Indonesia untuk mau berkecimpung di kegiatan pendakian. ”Semoga pendakian tim putri pertama ini menjadi inspirasi,” ujarnya. (HLN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.