Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Kudeta Pinochet Makan Korban

Kompas.com - 13/09/2010, 13:21 WIB

SANTIAGO, KOMPAS.com - Tigabelas orang terluka dan 251 orang ditangkap, Sabtu malam hingga Minggu, dalam kerusuhan di Chile, pada peringatan kudeta militer tahun 1973 yang mengantar kediktatoran Augusto Pinochet.

Rezim militer 1973-1990 pimpinan Pinochet telah dipersalahkan karena 3.000 orang tewas atau hilang. Sekitar 560 anggota militer dan polisi telah diadili karena kejahatan itu, tapi Pinochet sendiri lolos dari hukuman ketika ia meninggal tahun 2006.

Sembilan dari mereka yang terluka adalah pejabat polisi yang berusaha untuk menjaga ketertiban di ibukota Santiago, tempat mereka bentrok dengan demonstran yang membuat barikade dari ban yang dibakar. Demonstran merusak toko dan restoran, merintangi jalan dan menimbulkan gangguan listrik di beberapa bagian di kota itu.

Walau demikian, Kepala Polisi Santiago Jose Miguel Ortega mengatakan situasinya "sungguh positif" dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2009, contohnya, 19 pejabat polisi terluka dan 206 orang ditangkap. Itu pertama kalinya ulang tahun itu bertepatan dengan saat pemerintah konservatif berkuasa.

Secara terpisah, para pensiunan pejabat militer mengadakan upacara untuk menghormati era Pinochet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com