Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga AS Peringati 9/11 di Ground Zero

Kompas.com - 12/09/2010, 17:16 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Serangkaian upacara di Ground Zero di New York Pentagon dan tempat jatuhnya pesawat di Pennsylvania berlangsung khidmat pada hari Sabtu. Upacara ini menandai peringatan tahunan kali kesembilan serangan 9/11.

Di New York yang cerah, Wakil Presiden AS Joe Biden dan Wali Kota New York Michael Bloomberg termasuk di antara mereka yang menghadiri ritual tahunan pembacaan ke-2.752 orang yang tewas ketika dua pesawat yang dibajak menghancurkan Menara Kembar.

Upacara dimulai dengan lagu kebangsaan yang dinyanyikan paduan suara pemuda di Ground Zero.

Keluarga yang kehilangan memegang foto orang-orang yang mereka cintai di bawah langit yang benar-benar cerah.

Presiden Barack Obama menghadiri upacara di Pentagon di luar Washington. Tempat tersebut juga dihantam sebuah pesawat yang dibajak dalam serangan yang diduga dilakukan oleh militan Islam pada 11 September 2001.

Upacara ketiga berlangsung di Shaksville, Pennsylvania, tempat pesawat keempat yang direbut para penyerang jatuh di sebuah lapangan. Peristiwa ini membuat korban tewas secara keseluruhan menjadi 3.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com