Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buntut Olahraga, Baku Tembak

Kompas.com - 08/09/2010, 13:49 WIB

BAGHDAD, Kompas.com — Cekcok mulut tentang pertandingan olahraga antara tentara Irak dan Amerika Serikat (AS) membuat kalap seorang tentara Irak, Selasa.     Dia menembaki sekelompok tentara Amerika yang sedang berkunjung ke barak militer Irak di dekat Kota Tuz Khurmatu, Provinsi Salahuddin.     Para pejabat militer AS dan Irak mengatakan, insiden penembakan itu menewaskan dua tentara AS dan melukai sembilan orang lainnya.     Penembakan itu merupakan insiden pertama yang menimpa pasukan AS sejak Presiden Barack Obama mengumumkan pengakhiran operasi tempur tentaranya di Irak pekan lalu. "Sebelas tentara AS tertembak di barak komando Angkatan Darat Irak. Dua tewas dan sembilan lainnya luka-luka," kata pihak militer AS dalam pernyataannya.     Juru Bicara Kementerian Pertahanan Irak Mayjen Mohammed al-Askari mengatakan, insiden penembakan itu terjadi setelah seorang tentara Irak dan AS terlibat cekcok mulut ketika kedua tim sedang terlibat pertandingan olahraga persahabatan. 

"Tentara Irak itu kemudian menembaki mereka (tentara AS)," kata Al-Askari. Pelaku penembakan itu adalah Soran Rahman Saleh Wali. "Tentara Irak itu kemudian dibunuh tentara AS. Kami melakukan penyelidikan tingkat tinggi terhadap kasus ini," katanya.      Sumber militer AS menyebutkan, insiden penembakan tersebut terjadi sekitar pukul 15.50, Selasa.  Sesuai dengan pakta pertahanan bilateral Irak-AS, atas nama bela diri, tentara AS dibolehkan membalas tembakan ataupun ikut dalam operasi kalau diminta pihak Irak.

Sejak pengumuman Presiden Barack Obama pekan lalu, AS masih mempertahankan sekitar 50.000 tentaranya di Irak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com