Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Tewaskan Pejabat Afganistan

Kompas.com - 07/09/2010, 16:03 WIB

PUL I KUMARI, KOMPAS.com - Militan Taliban membunuh seorang pejabat senior Afganistan di sebuah distrik di kawasan utara negara itu.

Ahmad Seroor, Kepala Distrik Nahrin, provinsi Baghlan, sedang dalam perjalanan ke Baghlan-i-Markazi ketika diserang, kata polisi. "Kelompok pria bersenjata menyerang mobilnya. Kendaraannya hancur dan kepala distrik tersebut dan supirnya tewas di tempat," kata Deputi Kepolisian Provinsi itu, Sayed Zamanudin.

Ia menuduh gerlyawan Taliban melakukan penyerangan dan pembunuhan tersebut. Gerilyawan Taliban yang sebelumnya aktif bergerilya di wilayah selatan, kini menyebar ke provinsi-provinsi bagian utara dan Barat yang selama ini dijuluki sebagai wilayah damai.

Baghlan dan provinsi tetangganya, Kunduz, menjadi titik panas perang gerilya yang kini telah memasuki tahun ke-10. Provinsi-provinsi tersebut merupakan jalur transportasi penting bagi pasokan bahan-bahan kebutuhan pokok untuk pasukan koalisi yang bertempur melawan Taliban.

Rezim Taliban ditumbangkan dari kekuasaan dalam invasi militer pimpinan Amerika Serikat setelah serangan teror 11 September 2001 di AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com