Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bom Meledak di Filipina Selatan

Kompas.com - 06/09/2010, 15:49 WIB

COTABATO, KOMPAS.com — Dua bom berkekuatan besar meledak di wilayah selatan Filipina, beberapa jam setelah polisi menewaskan tiga anggota dari kelompok gerilyawan Abu Sayyaf yang memiliki hubungan dengan Al Qaeda.

Tidak ada yang terluka dalam ledakan yang terjadi saat keamanan diperketat di wilayah selatan yang bermasalah setelah penyergapan polisi di pulau Jolo pada Minggu.

"Kami sedang mencari motif dan yang bertanggung jawab atas ledakan bom tersebut. Kami telah menyiagakan pasukan kami," kata juru bicara militer regional, Letnan Kolonel Randolph Cabangbang, Senin (6/9/2010).

Menurut polisi, satu bom menghancurkan rumah di kota Sultan Kudarat, Senin subuh. Bom lainnya meledak di luar hotel di kota Cotabato pada Minggu malam.

Kedua daerah itu jauh dari Jolo, meski pasukan gerilyawan juga beroperasi di wilayah kejadian itu.

Belum diketahui apakah ledakan tersebut berhubungan dengan serangan pada Minggu walau pihak polisi dan militer telah memperingatkan akan serangan balasan dari Abu Sayyaf.

Pasukan komando polisi menewaskan tiga anggota Abu Sayyaf pada Minggu, termasuk Gafur Jumdail, saudara dari Abu Jumdail, salah satu anggota senior dalam kelompok tersebut.

Abu Sayyaf merupakan kelompok kecil pejuang Islam yang dituduh melakukan teror terhadap warga dengan meledakkan kapal feri, yang menewaskan lebih dari 100 orang di Teluk Manila pada 2004.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com