Saudara Abu Sayyaf Tewas Dalam Bentrokan

Kompas.com - 05/09/2010, 17:02 WIB
EditorBenny N Joewono

ZAMBOANGA, KOMPAS.com - Pasukan komando polisi yang bentrok dengan gerilyawan Abu Sayyaf jaringan Al Qaida di Filipina selatan Minggu menewaskan seorang dan meluka beberapa lainnya.

"Anggota Pasukan Khusus melancarkan serangan di sebuah desa terpencil di pulau Jolo, setelah laporan intelijen menunjukkan persembunyian gerilyawan bersenjata," kata kepala kepolisian provinsi Inspektur Kepala Joseph Ramac, Minggu (5/9/2010).

"Komando Pasukan Khusus bentrok dengan Abu Sayyaf dan menewaskan Gafur Jumdail di desa Lapa. Ada beberapa gerilyawan yang luka berhasil meloloskan diri," kata Ramac.

Gerilyawan yang tewas diidentifikasi sebagai Abu Jumdail, salah seorang pemimpin operasi. Dia masih bersaudara dengan Abu Sayyaf, yang kepalanya dihargai 100.000 dolar oleh AS.

Satuan Abu Sayyaf Jumdail diyakini bertanggungjawab pada penculikan awak televisi berita lokal pada 2008, yang dibebaskan beberapa tahun kemudian setelah membayar uang tebusan.

Kelompok itu juga dipersalahkan melakukan serangan terhadap sebuah konvoi polisi pada tahun ini, di mana kepala kepolisian pulau itu dan beberapa petugas lainnya tewas.

Abu Sayyaf adalah kelompok kecil dari gerilyawan Islam yang melakukan serangan teroris terburuk di negara itu, termasuk pemboman sebuah feri yang menewaskan 100 orang di Teluk Manila pada 2004.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelompok tersebut juga dicatat sebagai organisasi teroris asing yang dicari oleh pemerintah AS, setelah dua orang Amerika, yang ditangkap bersama dengan sekelompok turis pada 2002 dibunuh.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.