Srikandi Bersepeda Keliling Jakarta

Kompas.com - 04/09/2010, 09:17 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Perempuan bersepeda atau biasa disebut dengan istilah Srikandi yang tergabung dalam komunitas Bike to Work mengadakan acara bersepeda bersama yang diberi nama Srikandi Nite Ride, Jumat (3/9/2010). Mereka menggowes sepeda, dimulai dari salah satu mal di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, dan berakhir di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Acara ini diikuti oleh sekitar 70 Srikandi. Namun, yang ikut berangkat dari Senayan sekitar 40 orang.

"Target awalnya 100 orang. Tapi, karena ini hari kerja dan sedang puasa, jumlahnya jadi agak menurun. Ada yang langsung menunggu di Kemang, ada yang akan bergabung di jalan nanti," papar Fannie Waldhani, Humas Bike to Work.

"Rute yang ditempuh itu dari mal FX, Jalan Asia Afrika, Rumah Sakit Pertamina, Jalan Ahmad Dahlan, Barito, Jalan Panglima Polim, Jalan Wijaya, dan berakhir di Kemang," kata Fannie.

Ajang ini dipergunakan para Srikandi untuk mengampanyekan penggunaan sepeda bagi para wanita. "Kami ingin menunjukkan bahwa wanita juga ada yang bersepeda. Para wanita tidak perlu takut lagi untuk bersepeda," ujar Fannie.

Selain untuk kampanye, acara itu juga digunakan sebagai ajang silaturahim para Srikandi. "Biasanya kami hanya ketemu di dunia maya. Acara ini jadi ajang perkenalan juga buat teman-teman yang belum pernah bertemu secara langsung," kata Winna Ananda, ketua panitia Srikandi Nite Ride.

Toto Sugito, Ketua Umum Bike to Work menyatakan sangat mendukung acara yang diadakan para Srikandi itu. "Kegiatan apa pun, baik dari komunitas sepeda Bike to Work maupun dari komunitas lain selalu saya dukung selama tujuannya untuk mengampanyekan sepeda," ujarnya.

Toto juga mengharapkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam penggunaan sepeda ini. "Jadikan bersepeda itu sebagai gaya hidup perkotaan. Walaupun di Jakarta belum ada jalur sepeda, tapi kita tidak perlu takut. Lama-kelamaan, kita akan terbiasa juga," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.