Kompas.com - 03/09/2010, 20:50 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS), khususnya kawasan pantai timur, bersiaga menghadapi empasan Badai Earl. Menurut penjelasan Pusat Badai Nasional (NHC), Earl telah melemah ke kategori dua. Sementara, kecepatan angin maksimum diperkirakan 165 km per jam.

Para pejabat cuaca Amerika memperkirakan angin topan itu akan terus melemah ketika melewati Carolina Utara dan bergerak menuju kawasan New England. Tetapi, sebagaimana warta AP pada Jumat (3/9/2010), mereka memperingatkan bahwa Earl akan tetap "besar dan kuat".

Sementara itu, hujan deras turun di pulau-pulau yang membentengi pesisir Carolina Utara pada Kamis. Badai ini datang di saat rakyat Amerika merayakan hari libur nasional, Hari Buruh, yang merupakan tradisi mengakhiri musim panas di Amerika.

Pemerintah negara bagian Carolina Utara sudah memerintahkan evakuasi sekitar 35.000 pengunjung dan penduduk Pulau Ocracoke dan Pulau Hatteras sejak Selasa lalu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.