Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Srikandi Bersepeda pada Malam Hari

Kompas.com - 02/09/2010, 19:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Perempuan bersepeda atau yang biasa disebut dengan istilah "srikandi" di komunitas Bike To Work (B2W) Indonesia, Jumat (3/9/2010) malam, akan menggelar acara Srikandi Nite Ride. Lebih kurang 100 srikandi akan memenuhi beberapa jalan protokol di wilayah Jakarta Selatan.

Pada pukul 19.00, para srikandi akan berkumpul di depan FX Lifestyle di Jalan Jenderal Sudirman. Perjalanan nite ride dimulai dari Jalan Ahmad Dahlan menuju Jalan Tendean, Mampang, Pejaten, dan berakhir di kawasan Kemang.

"Acara ini kami selenggarakan dengan mengundang srikandi di semua wilayah Jakarta, mulai dari Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan, termasuk dari wilayah Bogor, Depok, dan Tangerang. Acara Srikandi Nite Ride terbuka untuk umum. Siapa pun boleh berpartisipasi," kata Ketua Panitia Srikandi Nite Ride, Tense Manalu, di Jakarta, Kamis (2/9/2010).

Menurut Tense, acara Srikandi Nite Ride ini juga akan dijadikan sebagai ajang silaturahim atau kopi darat bagi para perempuan bersepeda. "Biasanya kami hanya berkomunikasi melalui media sosial seperti situs B2W Indonesia, Facebook, Twitter, dan milis B2W Indonesia," katanya.

Selain berkumpul, para Srikandi juga akan berbagi informasi, seperti informasi mengenai toko sepeda yang menjual suku cadang dengan harga terjangkau, pusat perawatan tubuh (salon dan spa) yang menjadi rekomendasi, termasuk tempat kuliner yang strategis di wilayah masing-masing.

Di samping itu, mereka juga akan berkampanye mengenai tata cara yang aman (safety riding), khususnya untuk kaum perempuan apabila berkendara dengan menggunakan sepeda pada malam hari, yaitu dengan menggunakan helm, sarung tangan, lampu depan dan belakang, serta pakaian yang nyaman.

Toto Sugito, Ketua Umum B2W Indonesia, sangat mendukung acara Srikandi Nite Ride ini. "Selama kegiatan itu tujuannya untuk berkampanye menggunakan sepeda sebagai moda transportasi alternatif, pasti didukung. Justru dengan diadakannya gerakan moral ini, membuktikan bahwa para perempuan tidak takut untuk menggunakan sepeda di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Toto mengatakan, jumlah pesepeda, khususnya perempuan, meningkat dalam satu tahun terakhir ini. "Jumlah tersebut kami pantau melalui pendaftaran di situs www.b2w-indonesia.or.id," lanjut Toto.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com