Saat Teman Ingin Pinjam Makeup

Kompas.com - 31/08/2010, 09:48 WIB
EditorNadia Felicia

KOMPAS.com - Alat makeup adalah salah satu barang yang pribadi. Alat-alat rias akan berhubungan langsung dengan kulit si pemakai dan cairan tubuh. Misal, sisir yang akan bersentuhan dengan kulit kepala si pemiliknya. Atau maskara yang bisa saja terkena cairan mata yang memakai. Anda bisa saja melihat si teman ada dalam keadaan sehat. Tetapi, siapa yang tahu, mungkin saat itu ia belum menunjukkan gejala saja. Atau lebih parah, si pemakai punya daya tahan tubuh tinggi tetapi Anda, yang meminjam, sedang drop, alhasil, Anda deh yang sakit.

Menurut ahli kesehatan dari WebMD, berbagi makeup mata, seperti eyeliner, eyeshadow, maskara, atau lensa kontak sangatlah tidak sehat. Salah satu infeksi yang paling umum di daerah mata adalah conjunctivitis, atau mata merah yang sangat menular.

Sementara untuk riasan bibir, berbagi lipgloss, misalnya, siapa yang tahu, si pemilik atau orang tersebut sedang terkena herpes labialis. Penyakit menular ini disebabkan oleh herpes simplex, si penderita akan mengalami peradangan yang menyakitkan di daerah mulut. Orang yang baru terkena penyakit ini biasanya tak menyadari sedang mengidap hingga satu hari sebelum tanda-tanda tersebut keluar.

Jika Anda memang benar-benar tidak bisa menahan diri supaya tidak meminjam atau meminjamkan alat makeup tersebut, setidaknya lindungilah diri Anda. Seka lapisan teratas dari produk yang sudah dipakai oleh orang lain sebelum Anda gunakan atau sesudah teman Anda gunakan. Jika makeup tersebut adalah eyeliner pensil, rautlah. Jika alat tersebut adalah eyeshadow atau lipstik, sekalah dengan tisu agar lapisan teratasnya terangkat.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.