Kapal Perang China Merapat ke Myanmar

Kompas.com - 30/08/2010, 18:17 WIB
EditorBenny N Joewono

YANGON, KOMPAS.com - Dua kapal perang China mengunjungi Myanmar selama beberapa hari untuk meningkatkan hubungan antara angkatan bersenjata kedua negara yang bersekutu itu.

"Kapal-kapal perang Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat itu merapat di pelabuhan Thilawa, Yangon Minggu petang dan akan melakukan serangkaian kegiatan dengan angkatan laut Myanmar," kata kantor berita Xinhua, Senin (30/8/2010).

Misi lima hari itu bertujuan meningkatkan hubungan persahabatan antara angkatan bersenjata kedua negara dan pertukaran antara dua angkatan laut.

Menurut Xinhua, saat tiba kapal perang itu disambut dengan satu acara besar. Myanmar sedang bersiap menggelar pemilu pertamanya dalam 20 tahun pada 7 November mendapat kecaman para aktivis dan Barat sebagai pura-pura.

Kendatipun banyak negara Barat mengenakan sanksi-sanksi langsung terhadap Myanmar, yang diperintah militer sejak tahun 1962, China adalah sekutu penting junta itu, mitra dagang dan investor dalam sektor sumber-sumber alam negara itu.

Pada November produser minyak penting China mulai membangun sebuah pipa minyak di seluruh Myanmar.

Negara ekomomi kuat Asia itu telah lama mempertahankan hubungan perdagangan, penjualan senjata dan menghindarkan negara itu dari sanksi-sanksi PBB karena melakukan pelanggaran hak asasi manusia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebaliknya, China menjamin Myanmar yang stabil dan akses ke bahan mentah Myanmar, seperti kayu jati dan batu permata.

Hubungan antara dua negara itu sempat retak tahun lalu ketika terjadi serangan tentara junta Myanmar dan tentara etnik yang memberontak di wilayah timur laut yang menyebabkan puluhan ribu orang mengungsi ke China, yang mengeluarkan satu peringatan kepada Myanmar.

Masalah stabilitas perbatasan dibicarakan ketika Wen Jiabao mengunjungi Myanmar Juni lalu. Ia bertemu dengan pemimpin junta Than Shwe.

Kedua negara dilaporkan menandatangani sejumlah perjanjian mengenai perdagangan, keuangan, energi, sains dan teknologi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.