Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Juru Kampanye Ditemukan Tewas

Kompas.com - 30/08/2010, 00:57 WIB

HERAT, KOMPAS.com - Polisi, Minggu, menemukan mayat lima anggota tim kampanye seorang wanita calon anggota parlemen Afganistan, beberapa hari setelah mereka diculik Taliban.

Kelompok militan garis keras itu menyatakan telah menculik 10 anggota tim kampanye Fawzya Galani pekan lalu di Provinsi Herat, Afganistan barat. Mayat kelima orang itu ditemukan di sebuah daerah pegunungan di distrik Adraskan di provinsi tersebut, kata kepala daerah Nisar Ahmad Popal kepada AFP. Lima juru kampanye yang lain masih belum diketahui nasibnya.

"Kami telah menemukan lima dari anggota tim kampanye Galani yang diculik. Mereka dibuang di sebuah bukit," kata kepala daerah itu. "Kami tidak tahu di mana lima orang yang lain," tambahnya.

Para juru kampanye itu hilang Rabu larut malam di dekat Herat, kota terbesar kedua di Afganistan, dekat perbatasan dengan Iran. Orang-orang itu sedang bepergian ke distrik Parsi di provinsi tersebut untuk misi kampanye bagi Galani.

Setelah penculikan itu, Galani mendesak kelompok gerilyawan membebaskan mereka dan menyerukan kepada pemerintah Afganistan agar memberikan pengamanan kepada para calon menjelang pemilihan umum. Afganistan akan melaksanakan pemilihan parlemen yang kedua pasca-penggulingan Taliban, pada 18 September di tengah kekhawatiran mengenai serangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com