Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Samping "Obat Kuat"

Kompas.com - 27/08/2010, 08:33 WIB

TANYA : Dok, dalam 3 tahun belakangan ini suami saya sering menggunakan obat kuat saat sedang bercinta. Adakah efek samping dari obat yang digunakan suami saya tersebut mengingat dalam sehari bisa 2 hingga 3 kaplet? Karena terlalu sering bercinta, apakah ada risiko pada organ intim saya? Setelah selesai bercinta untuk yang ketiga kalinya, perut bagian bawah saya kadang sakit, apakah itu karena posisi bercinta atau apa ? Terimakasih

(Lianie 32)

JAWAB :  Saya tidak tahu apa yang Anda maksud dengan “obat kuat”. Tidak ada istilah “obat kuat” dalam dunia kedokteran. Istilah ini digunakan oleh media massa, khususnya pada iklan obat tradisional.

Kalau “obat kuat” yang digunakan suami Anda berarti obat untuk membantu terjadinya ereksi, itu memang ada. Tetapi hanya bermanfaat dan boleh digunakan oleh pria yang mengalami gangguan ereksi, mulai yang ringan sampai berat.

Tentu saja setelah mendapat pemeriksaan yang benar sebelumnya. Kalau obat ini yang dia gunakan, harus dipertanyakan mengapa dia menggunakannya. Apakah dia mengalam,i gangguan ereksi atau yang lain?

Tetapi andaikata dia mengalami gangguan ereksi, yang pasti obat tidak boleh digunakan sampai 2-3 kali sehari. Sebaiknya, sarankan dia untuk berkosultasi kepada tenaga ahli kalau memang mengalami gangguan seksual, daripada mengalami akibat buruk kemudian.

Mengenai rasa sakit yang Anda alami di perut bagian bawah, mungkin saja karena hubungan seksual yang sering yang mengakibatkan gesekan dan kontraksi berlebihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com