Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Bali Datangi Konsulat Malaysia

Kompas.com - 26/08/2010, 19:02 WIB

DENPASAR.KOMPAS.com - Rasa geram terhadap Malaysia membuat puluhan mahasiswa yang menamakan diri mereka Gerakan Marhaen Muda Indonesia (GMMI) mendatangi Konsulat Kehormatan Malaysia, Jalan Pantai Kuta, Kamis (26/08/2010) untuk berunjuk rasa menuntut konflik Indonesia-Malaysia segera dituntaskan.

Dengan membawa bendera merah putih dan mengenakan pita merah putih di lengan kiri mereka, para mahasiswa ini meneriakkan yel-yel “ganyang Malaysia”. Pengunjuk rasa juga menggelar aksi teatrikal yang menggambarkan penangkapan 3 petugas KKP yang ditangkap Polisi diraja Malaysia.

Dalam kesempatan itu, mahasiswa membacakan delapan poin pernyataan sikap mereka kepada Konsul Kehormatan Malaysia. Poin utama dari pernyataan sikap tersebut adalah penegasan batas teritorial agar tidak terjadi lagi konflik yang disebabkan pengklaiman wilayah antara dua negara.

“Kami tidak ingin bertindak anarkis, hanya aksi simpatik. Kami memandang konflik  Indonesia-Malaysia harus segera dituntaskan,” ujar Alit Wilantara, koordinator aksi di sela-sela unjuk rasa.

Kepala Kehormatan Malaysia di Bali, Feisol Hasim menerima bersedia menerima pengunjuk rasa dan berjanji akan menyampaikan pernyataan sikap mereka kepada Kedubes Malaysia di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

    Terpopuler

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com