Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Utusan Nuklir China Tiba di Seoul

Kompas.com - 26/08/2010, 16:20 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Utusan nuklir China tiba di Korea Selatan, Kamis (26/8), untuk membahas cara-cara melanjutkan pembicaraan tentang pembongkaran program senjata nuklir Korea Utara.

Wu Dawei mengunjungi Pyongyang pekan lalu untuk membahas dimulainya kembali perundingan enam-pihak yang ditinggalkan Korea Utara (Korut) sejak April 2009 sebagai protes terhadap kecaman PBB atas tes rudalnya. Korut melakukan uji nuklir kedua bulan berikutnya, dan langsung memicu saksi berat PBB.

Kunjungan Wu terjadi di tengah laporan bahwa pemimpin Korut Kim Jong-Il mengunjungi China, mungkin disertai putra bungsunya.

Ketika ditanya tentang perjalanan Kim, utusan China itu kepada wartawan di bandara Incheon mengatakan, "Apa yang saya ingin tenekankan bahwa China dan Korut adalah tetangga dekat dan merupakan hal yang biasa bagi para pemimpin dari kedua negara untuk sering melakukan perukaran kunjungan."

Wu dijadwalkan bertemu rekannya dari Korea Selatan (Korsel), Wi Sung-Lac. Dia mengatakan, mereka akan tukar "pandangan mengenai situasi" di semenanjung dan pembicaraan enam-pihak selama tiga hari kunjungannya di Seoul. Perundingan enam-pihak melibatkan Korut dan Korsel, Amerika Serikat, China, Rusia dan Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com