Di China, Carrefour 'Bentrok' Lawan Jiale

Kompas.com - 24/08/2010, 19:55 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Di tengah upaya divestasi jaringan perusahaan di luar Perancis, peritel raksasa Carrefour malahan berseteru dengan jaringan hypermarket lokal, Anhui Jiale. Menurut warta Xinhua pada Selasa (24/8/2010), pertarungan itu melibatkan juga anak perusahaan Anhui Jiale, yakni Fuyang.

Carrefour mengirimkan gugatan ke pengadilan setempat, Pengadilan Hefei, lantaran Jiale dianggap melakukan tindakan tidak fair dalam persaingan. Gugatan itu diterima dan dengar pendapat yang dimulai sejak Rabu (18/8/2010) itu tengah berlangsung.

Secara lebih spesifik, Carrefour menuduh Jiale menggunakan logo Jialefu yang merupakan versi Bahasa China untuk Carrefour. "Logo itu dibawa Jiale bahkan untuk aktivitas bisnisnya," begitu tudingan Carrefour.

Segala "aktivitas" yang menjadi tudingan Carrefour menyangkut warna biru khas Carrefour, lambang nama toko, daftar harga, nota pembelian, hingga logo di tas belanja Jiale. Dalam kasus perdata ini, Carrefour menuntut Jiale mengganti logo sekaligus membayar kompensasi 882.164 dollar AS atau setara dengan 6 juta yuan.

Sebagai informasi, Jiale didirikan pada 2002 dan terdaftar dengan nama Anhui Fuyang Jialefu Business and Commerce Co Ltd. Pada Agustus 2009, perusahaan ini mengganti nama Jialefu menjadi Jiale.

Saat ini Jiale memiliki lebih dari 160 supermarket bernama sama di Kota Fuyang. Menurut pihak Jiale, pihaknya sama sekali tidak melakukan perbuatan tidak fair terhadap Carrefour. Soalnya, pergantian nama menjadi Jiale sudah disahkan sesuai peraturan yang berlaku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.