Teknologi Nano, Kosmetik Lebih Meresap - Kompas.com

Teknologi Nano, Kosmetik Lebih Meresap

Kompas.com - 22/08/2010, 16:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Teknologi nano ternyata tidak hanya dapat dimanfaatkan pada bidang sains. Bidang kecantikan kulit dan kosmetik ternyata juga mengaplikasikan teknologi nano untuk semakin memaksimalkan fungsi kosmetik pada tubuh.

Ristra, salah satu produk kosmetik dan kecantikan produksi dalam negeri, mengaplikasikan teknologi nano pada sejumlah produknya untuk memaksimalkan perlindungan dan penyerapan bahan kosmetik sesuai fungsinya.

Produk kosmetik yang mengaplikasikan teknologi nano memiliki daya serap dan perlindungan lebih tinggi dibanding produk sejenis.

"Nano dalam bentuk nano pertikel ini sebagai sistem penghantar bahan aktif. Karena sifatnya biocompatible (memiliki kemampuan menyesuaikan diri) dan biodegradable (dapat didaur ulang) dan dibuat dengan ukuran partikel nano, maka ia punya sifat penetrasi ke dalam kulit yang lebih baik," kata dr Trisna Mudjiana MARS selaku kepala Ristra Institute di acara Ritech Expo, Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (22/8/2010).

Partikel nano sebagai pengantar bahan aktif, kata Trisna, akan mampu memaksimalkan penyerapan bahan kosmetik ke dalam kulit. Partikel nano juga bisa menyalurkan secara lebih merata bahan kosmetik yang berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari dan energi negatif.

"Dapat menyerap bahan kosmetik ke lapisan kulit yang lebih dalam secara utuh dan tidak terurai," katanya.

Trisna juga menjamin produk kosmetik yang menggunakan teknologi nano tetap aman dan tidak memiliki efek samping. Partikel nano tidak berbahaya bagi kesehatan. "Partikel nano itu hanya sebagai penghantar. Setelah mulai terserap ke kulit, dia akan lepas," tuturnya.

Menurut Trisna, penggunaan teknologi nano jauh lebih baik dibandingkan produk-produk konvensional. Hanya, pemanfaatan teknologi nano membuat harga produk kosmetik juga lebih tinggi dibanding produk-produk sejenis yang tidak menggunakan teknologi nano. "Lebih mahal karena memang bahan baku untuk nano saat ini masih berasal dari luar negeri," katanya.

Dengan teknologi nano, produk kosmetik Ristra yang berdiri sejak tahun 1983 ini rata-rata memiliki harga dua kali lipat dibanding produk sejenis non-nano. Beberapa jenis produk kosmetik Ristra yang telah menerapkan teknologi nano antara lain antiaging cream, antiwrinkle day and night cream, maternity stretchmark cream, dan platinum skincare.


EditorHeru Margianto

Close Ads X