Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Gelar Pemilu Hari Ini

Kompas.com - 21/08/2010, 06:30 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Australia menggelar pemilihan umum, Sabtu (21/8) ini. Perempuan perdana menteri pertama negara itu Julia Gillard, berdasarkan jajak pendapat, bersaing ketat dengan penantangnya, Tony Abbott, dari kubu konservatif.

Pemilihan dibuka pukul jam 08.00 waktu setempat atau pukul 05.00 WIB dengan total jumlah pemilih 14 juta orang. Berdasarkan hasil jajak pendapat pada saat-saat terakhir menjelang pemilihan, kedua calon perdana menteri itu bersaing sengit, dengan marjin selisih suara yang sangat tipis.

Jajak pendapat yang dilakukan Newspoll dan diterbitkan di harian The Australian memberi Partai Buruh pimpinan Gillard kemenangan 50,2 atas koalisi Liberal/Nasional yang dipimpin Abbott (49,8 persen). Sebuah jajak pendapat terpisah oleh Nielsen menempatkan Partai Buruh menang 52 persen berbanding 48 persen, sedangkan survei Roy Morgan menunjukkan Gillard bakal menang 51 dan Abobot mendapat suara 49 persen.

"Saya rasa (pemilihan) ini benar-benar ketat," kata juru bicara kampanye Partai Buruh, Chris Bowen.

Partai Buruh pimpinan Gillard yang berhaluan kiri-tengah telah berjuang untuk meyakinkan pemilih setelah guncangan yang terjadi pada bulan Juni saat melengserkan perdana menteri terpilih Kevin Rudd, dan hal itu mengangkat harapan Abbott untuk dapat meraihkan kemenangan kejutan.

Gillard (48 tahun), mantan pengacara berambut merah yang lahir di Wales, telah berjanji untuk meningkatkan pendidikan dan kesehatan dan mengembalikan rekor pencapaian ekonomi Partai Buruh, serta rencana populer untuk jaringan broadband nasional. Sementara Abbott, seorang konservatif religius berusia 52 tahun yang memiliki keraguan tentang peran manusia dalam perubahan iklim, telah menargetkan penanganan atas imigrasi ilegal dan mempertanyakan catatan pengeluaran Buruh, serta kudeta atas Rudd.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com