Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Pesepeda Meramaikan Denpasar

Kompas.com - 15/08/2010, 09:49 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Wali Kota Denpasar I B Rai Mantra dan Bupati Bangli Made Gianyar bersama ribuan masyarakat Bali naik sepeda "membanjiri" Kota Denpasar dalam rangkaian memperingati HUT ke-1 Samas, Minggu (15/8/2010).

Kegiatan yang didukung salah satu komunitas sepeda Samas (Sekretariat Bersama Sepeda) tersebut sebagai bentuk partisipasi pada program pemerintah Car Free Day yang dicanangkan Wali Kota Denpasar I B Rai Mantra sejak 2009.        Ketua panitia kegiatan Dewa Made Merthakota menyebutkan bahwa  komunitas pesepeda yang tergabung dalam Samas tidak akan pernah surut untuk mengajak masyarakat hidup sehat dan hemat melalui program Car Free Day.       "Dengan mengambil tema cyling, green and unity program ini secara langsung mengampanyekan sepeda sebagai salah satu alat moda transportasi yang murah dan ramah lingkungan kepada masyarakat," katanya.       Apalagi sekarang, kata dia, untuk kegiatan bersepeda, di jalur-jalur tertentu Wali Kota Denpasar sudah menyiapkan lajur khusus untuk sepeda dengan tujuan agar pesepeda lebih aman dan nyaman di kota pariwisata Bali.       Dewa melaporkan, saat ini sedikitnya 90 perkumpulan sepeda menyatakan diri untuk bisa bergabung dengan Samas. Ini membuktikan bahwa begitu tingginya animo masyarakat memilih sepeda sebagai kendaraan alternatif yang murah dan ramah lingkungan.       Masyarakat internasional dari sejumlah negara di dunia berupaya mengurangi dampak pemanasan global, salah satunya adalah dengan mengurangi dampak gas buang emisi karbon yang amat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia.       Untuk itu, sepeda merupakan salah satu alternatif yang paling menguntungkan dan memungkinkan untuk digunakan. Guna memasyarakatkan sepeda sebagai kendaraan alternatif, diharapkan sebagian besar masyarakat memiliki sarana tersebut.       Apabila masyarakat bepergian mau menggunakan sepeda sebagai alat transportasi, sudah pasti akan megurangi jumlah kemacetan arus lalu lintas di jalur-jalur padat, terutama di jalur pariwisata di Bali.       Jika kemacetan arus lalu lintas pada waktu-waktu tertentu bisa teratasi terutama di jalur pariwisata Nusa Dua, Sanur, Ubud dan sebagainya, keluhan yang selama ini banyak dilontarkan wisatawan bisa tertanggulangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com