Samosir Siap Sambut Wisatawan

Kompas.com - 14/08/2010, 09:53 WIB
EditorIgnatius Sawabi

SAMOSIR, KOMPAS.com - Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, yang banyak memiliki lokasi wisata alam, siap menyambut membeludaknya kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara pada hari besar Lebaran, September.      "Kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait termasuk dari kepolisian untuk pengamanan dan pengusaha hotel untuk mengantisipasi melonjaknya kunjungan wisatawan ke Samosir," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Melani Butarbutar, di Pangururan, Sabtu (14/8/2010).      Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, menurut Butarbutar, kunjungan wisatawan nusantara ke Pulau Samosir melonjak pada libur Lebaran dan pemesanan kamar hotel berbintang maupun melati sudah penuh satu minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri.      Fasilitas kamar hotel berbintang dua dan tiga serta hotel melati yang terdata di Kabupaten Samosir mencapai 1.200 kamar, yang tersebar di Tutktuk, Ambarita, Pangururan, Pasir Putih, dan Tomok yang paling banyak dikunjungi.      Diperkirakan peningkatan kunjungan wisatawan ke Samosir cukup mencolok pada lebaran mendatang, yang biasanya rata-rata 1.000 wisatawan akan melonjak mencapai 10.000 wisatawan pada hari libur nanti, tutur Melani Butarbutar.      Untuk menghadapi datangnya wisawatan ke Samosir, Pemkab Samosir melalui Dinas Pariwisata menyiapkan pengamanan di berbagai lokasi yang selama ini menarik untuk dikunjungi, seperti pantai Pasir Putih, Ambarita, Tuktuk dan pemandian air panas.      Lokasi wisata lainnya yang kini menjadi primadona wisatawan adalah  dua danau, yakni Danau Sidihoni seluas dua hektare dan Aekporogan (1,5 hektare) yang dianggap suatu keajaiban karena terdapat di atas Danau Toba.      Lalu air terjun yang sudah terkenal ke mancanegara, yakni air terjun Sosor Dolik atau diberi nama oleh wisatawan Eropa sebagai air terjun Efrata yang airnya cukup jernih dan dingin terdapat di sekitar puncak Tele.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.