Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuba Melatih 8.000 Dokter di 54 Negara

Kompas.com - 10/08/2010, 21:42 WIB

HAVANA, KOMPAS.com — Kuba selama enam tahun telah melatih 8.000 dokter muda dari 54 negara, termasuk AS.

"Karena itu, orang muda ini hendaknya membantu memperbaiki situasi kesehatan di negara mereka dan di manapun mereka dibutuhkan, memenuhi ajaran Fidel Castro bahwa kehidupan dunia yang lebih baik adalah memungkinkan," kata Dr Juan Carrizo, rektor Sekolah Kedokteran Amerika Latin (ELAM), Selasa (10/8/2010).

"Pada hari ini, ketika planet penuh dengan tindakan-tindakan mengerikan, agresi-agresi militer, serta nuklir dan rudal yang mengancam akan menghancurkan seluruh manusia telah dibangun dalam sejarahnya, orang-orang muda berpakaian dengan mantel putih ini siap untuk menyembuhkan dan menyelamatkan nyawa," katanya.

Proyek ELAM dibentuk oleh mantan pemimpin Kuba Fidel Castro pada 1998 untuk menjawab bahaya yang disebabkan topan George dan Mitch di Amerika Tengah itu.

Proyek tersebut diterapkan di semua Universitas Kedokteran Kuba memberikan pengetahuan dan nilai-nilai kemanusiaan serta etika persiapan untuk bersedia ditugaskan di negara lain kepada para dokter.

Dengan sekitar 75.000 dokter, negara pulau itu memiliki dokter per kapita tertinggi atau seorang dokter untuk setiap 150 warga Kuba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com