Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robby: Utamakan Keselamatan Wisatawan!

Kompas.com - 10/08/2010, 21:34 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Penjabat Wali Kota Manado, Robby Mamuaja, mengingatkan seluruh pengelola armada angkutan wisata ke Bunaken maupun pulau-pulau lainnya di wilayah Manado lebih memperhatikan keselamatan penumpang yang merupakan wisatawan. "Jangan lupa selalu memeriksa kelayakan berlayar kapal, serta pelampung dan harus lebih pintar membaca cuaca, jika memang sedang tak baik jangan memaksakan berlayar," kata Robby Mamuaja di Manado, Senin (9/8/2010).

Mamuaja mengingatkan akibat kurangnya pemahaman tugas dan kewajiban mereka menyebabkan seringnya terjadi kecelakaan di laut seperti yang menimpa para anggota wakil rakyat yang baru pulang berwisata dari Bunaken tanggal 7 Agustus lalu.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Manado, Hanny Waworuntu mengatakan memang seluruh perahu wisata selalu diingatkan untuk mengutamakan keselamatan penumpang, sebab nama Manado baik akan tercemar kalau sampai keselamatan para penumpang yang merupakan wisatawan terancam.

"Tetapi memang untuk urusan keselamatan penumpang baik kapal maupun kapal kecil itu adalah tanggung jawab Departemen Perhubungan yang diwakili oleh Administrasi Pelabuhan (Adpel) di daerah," kata Waworuntu.

Dia menjelaskan setiap kapal yang akan berlayar, baik besar maupun armada penyeberangan ke pulau-pulau wisata itu, nahkodanya wajib melapor ke Adpel untuk mendapatkan izin berlayar jika tidak mereka tak boleh keluar. "Jadi kalau sampai ada masalah atau kecelakaan dan mereka tak melapor para nahkoda wajib bertanggung jawab. Tetapi kalau sudah melalui prosedur tersebut dan berlayar kemudian ada musibah dan ternyata kapalnya tidak layak, maka Adpel wajib bertanggung jawab," katanya.

Sementara Kepala Bidang Perhubungan Laut Dishub Manado, Elvis Salangka mengatakan pihaknya tetap berusaha mengingatkan seluruh kapal-kapal yang akan mengangkut wisatawan untuk selalu mengikuti prosedur yang berlaku, supaya tidak ada masalah.

"Setiap kali melakukan pemeriksaan kami selalu mengingatkan mereka untuk membaca tanda alam, jika memang gelombang tinggi dan cuaca tak memungkinkan jangan berlayar, karena hanya akan berakibat fatal," kata Salangka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com