Robby: Utamakan Keselamatan Wisatawan!

Kompas.com - 10/08/2010, 21:34 WIB
EditorI Made Asdhiana

MANADO, KOMPAS.com - Penjabat Wali Kota Manado, Robby Mamuaja, mengingatkan seluruh pengelola armada angkutan wisata ke Bunaken maupun pulau-pulau lainnya di wilayah Manado lebih memperhatikan keselamatan penumpang yang merupakan wisatawan. "Jangan lupa selalu memeriksa kelayakan berlayar kapal, serta pelampung dan harus lebih pintar membaca cuaca, jika memang sedang tak baik jangan memaksakan berlayar," kata Robby Mamuaja di Manado, Senin (9/8/2010).

Mamuaja mengingatkan akibat kurangnya pemahaman tugas dan kewajiban mereka menyebabkan seringnya terjadi kecelakaan di laut seperti yang menimpa para anggota wakil rakyat yang baru pulang berwisata dari Bunaken tanggal 7 Agustus lalu.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Manado, Hanny Waworuntu mengatakan memang seluruh perahu wisata selalu diingatkan untuk mengutamakan keselamatan penumpang, sebab nama Manado baik akan tercemar kalau sampai keselamatan para penumpang yang merupakan wisatawan terancam.

"Tetapi memang untuk urusan keselamatan penumpang baik kapal maupun kapal kecil itu adalah tanggung jawab Departemen Perhubungan yang diwakili oleh Administrasi Pelabuhan (Adpel) di daerah," kata Waworuntu.

Dia menjelaskan setiap kapal yang akan berlayar, baik besar maupun armada penyeberangan ke pulau-pulau wisata itu, nahkodanya wajib melapor ke Adpel untuk mendapatkan izin berlayar jika tidak mereka tak boleh keluar. "Jadi kalau sampai ada masalah atau kecelakaan dan mereka tak melapor para nahkoda wajib bertanggung jawab. Tetapi kalau sudah melalui prosedur tersebut dan berlayar kemudian ada musibah dan ternyata kapalnya tidak layak, maka Adpel wajib bertanggung jawab," katanya.

Sementara Kepala Bidang Perhubungan Laut Dishub Manado, Elvis Salangka mengatakan pihaknya tetap berusaha mengingatkan seluruh kapal-kapal yang akan mengangkut wisatawan untuk selalu mengikuti prosedur yang berlaku, supaya tidak ada masalah.

"Setiap kali melakukan pemeriksaan kami selalu mengingatkan mereka untuk membaca tanda alam, jika memang gelombang tinggi dan cuaca tak memungkinkan jangan berlayar, karena hanya akan berakibat fatal," kata Salangka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.