Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kagame Kembali Pimpin Rwanda

Kompas.com - 10/08/2010, 15:49 WIB

KIGALI, KOMPAS.com - Paul Kagame kembali memimpin Rwanda untuk jangka waktu tujuh tahun kedua setelah hasil pemilihan sementara, Selasa (10/8), menunjukkan, ia meraih 93 persen suara dalam pemilihan presiden di negara Afrika tengah itu.

Rwanda telah diperkirakan untuk memilih kembali Kagame dalam pemilihan yang berlangsung Senin, sebagian karena pertumbuhan ekonomi dan stabilitas keamanan yang telah ia bangun selama satu dekade kekuasaannya, tetapi juga karena tekanan terhadap lawan politik dan pengecam yang ia lakukan.

Hasil awal dari Komisi Pemilihan Nasional, NEC, ditayang melalui layar besar dalam sebuah perayaan kemenangan semalam di sebuah stadion di Kigali, yang menunjukkan di 11 dari 30 kabupaten, Kagame telah mengumpulkan 1.610.422 suara dari 1.734.671 total pemilih. Pendukung Kagame, yang telah memegang kendali sejak tentara pemberontak meraih kekuasaan dan mengakhiri genosida terhadap 800.000 etnis Tutsi dan Hutu tahun 1994, memuji Kagame. Kembang api menandai perayaan kemenangan itu.

"Kami di sini untuk merayakan karena saya berpikir bahwa Paul Kagame memenangkan pemilihan dan dia adalah pahlawan jadi saya ingin mendukung dia sepenuhnya, "kata Alice Kamanzi kepada AFP.

Presiden Kagame berdansa bersama keluarganya dan berterima kasih kepada para pendukung yang berkumpul di Stadion Amahoro, di mana ribuan etnis Tutsi dulu mencari perlindungan selama genosida. "Saya meminta Anda untuk menunggu hasil akhir, tapi saya pikir tidak ada perubahan kecuali angka-angka itu dan saya mengucapkan terima kasih banyak untuk suara yang telah memilih saya," katanya.

Pemilihan kemarin merupakan pemilihan presiden yang ke dua semenjak kasus genosida tahun 1994. Pada tahun 2003 Kagame menang dengan perolehan suara 95 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com