Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ehud Barak Beri Keterangan Insiden Gaza

Kompas.com - 10/08/2010, 15:30 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Menteri pertahanan Israel Ehud Barak, Selasa (10/8/2010) memberikan kesaksian di hadapan panel Israel mengenai serangan terhadap kapal bantuan barang ke jalur Gaza, 31 Mei lalu, yang menewaskan sembilan aktivis Turki.

Kehadiran menteri di hadapan panel beranggotakan lima orang dilakukan sehari setelah PM Israel Benjamin Netanyahu memberi keterangan dan bersikeras, Israel bertindak sesuai dengan peraturan internasional saat menyerang kapal tersebut.

Netanyahu juga menuduh Ankara mencari keuntungan dari konfrontasi antara aktivis Turki yang menumpang pada konvoi kapal dan para tentara yang menyergap kapal di perairan internasional.

Serangan terhadap sejumlah kapal tersebut menyulutkan protes internasional dan menyebabkan Israel melunakkan blokade selama empat tahun pada wilayah tersebut yang dikuasai gerakan Hamas.

Barak diperkirakan akan ditanyai aspek operasional dari penyerangan kapal tersebut.

Ia merupakan saksi kedua dari tiga pejabat tinggi yang memberikan kesaksian di bawah sumpah mengenai penyergapan pada kawanan kapal yang menyebabkan krisis diplomatik antara Israel dan Turki.

Israel mengatakan pasukan komandonya menggunakan kekerasan hanya setelah mereka diserang saat mereka menaiki dek Mavi Marmara.

Tapi aktivis pro-Palestina yang menumpang kapal mengatakan, para serdadu melepaskan tembakan sesaat setelah mereka mendarat di dek kapal.

Gabi Ashkenazi, kepala staf angkatan darat juga memberi kesaksian pada Rabu dan juga diperkirakan akan ditanyai mengenai aspek operasional atas misinya tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com