Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juan Manuel Santos Bertemu Hugo Chavez

Kompas.com - 09/08/2010, 18:03 WIB

BOGOTA, KOMPAS.com - Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos dan Venezuela, Hugo Chavez akan bertemu Selasa (10/8/2010) untuk membicarakan konflik diplomatik mereka.

Chavez memutuskan hubungan diplomatik dengan Kolombia 22 Juli, satu minggu setelah Alvaro Uribe menuduh Venezuela menampung sekitar 1.500 pemberontak kiri Kolombia di wilayahnya. Namun, Chavez membantah tuduhan Uribe.

"Presiden Santos telah dilantik pada Sabtu, dan akan segera menawarkan perundingan dengan Presiden Hugo Chavez dengan harapan pertemuan mereka dapat mengakhiri konflik kedua negara," kata Menteri Luar Negeri Kolombia, Maria Angela Holguin, Senin (9/8/2010).

Pemerintah Venezuela yang mengirim Menteri Luar Negeri, Nicolas Maduro untuk menghadiri pelantikan Manuel Santos, menanggapi komentar koleganya dengan mengatakan ingin mengubah keadaan dan bekerjasama dengan presiden baru itu.

"Jika Presiden Manuel Santos tidak dapat datang ke Venezuela, Peresiden Chaves siap pergi ke Kolombia," katanya.

"Hari ini akan menjadi awal yang bail bagi sebuah perundingan dengan seseorang yang menyenangkan," kata Chavez di stasiun televisi dan radio, dalam acara mingguan Alo Presidente.

Dalam acara tersebut, Chaves juga mengatakan belum menetapkan tempat pertemuan, tetapi sedang mempertimbangkan beberapa opsi tempat.

"Kami akan berusaha pertemuan Selasa itu bisa dilakukan. Ini akan menjadi babak baru, dimulainya satu hubungan demi kebaikan kedua negara," kata Chavez.

Holguin mengumumkan pertemuan Santos-Chavez setelah pertemuan mereka di Bogota dengan Maduro.

"Kami telah melakukan dialog terbuka dan langsung, dengan tujuan untuk memulihkan hubungn dalam satu kerangka transparan," kata Holguin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com