Farrow: Berlian Itu dari Taylor

Kompas.com - 09/08/2010, 16:12 WIB
EditorEgidius Patnistik

DEN HAAG, KOMPAS.com — Aktris AS, Mia Farrow, Senin (9/8/2010), mengatakan, Naomi Campbell menyebut nama Presiden Liberia, Charles Taylor, sebagai orang yang mengirim sebuah berlian "besar" ke ruangan supermodel itu tahun 1997 dalam kesaksiannya di pengadilan kejahatan perang.

"Dia mengatakan itu setelah ia terbangun. Beberapa pria mengetuk pintunya. Mereka dikirim Charles Taylor dan mereka telah memberinya sebuah berlian besar," kata Farrow pada pengadilan terhadap mantan Presiden Liberia itu di Den Haag.

Farrow dan mantan agen Campbell, Carole White, telah dipanggil untuk bersaksi, Senin, tentang sebuah acara makan malam amal yang diselenggarakan Nelson Mandela, yang kemudian menjadi Presiden Afrika Selatan pada September 1997, setelah dua orang membawa bingkisan berlian ke kamar Campbell di sebuah penginapan. Kedua perempuan itu dipanggil sebagai saksi dalam persidangan Taylor untuk menantang kesaksian Campbell yang menyatakan bahwa dia tidak tahu siapa yang mengiriminya hadiah pada larut malam itu.

Farrow mengatakan dalam kesaksiannya bahwa Campbell telah membicarakan hadiah itu saat sarapan pada pagi harinya, "bahkan sebelum dia duduk". Model ini juga mengatakan bahwa ia berniat untuk memberikan hadiah itu kepada badan amal anak-anak Nelson Mandela.

Farrow dipanggil ke podium pertama walaupun berdasarkan daftar saksi yang diajukan jaksa, White semestinya tampil pertama.

Campbell mengatakan kepada hakim, Kamis, bahwa sejumlah pria memberinya sebuah kantong berisi "batu-batu yang kelihatan kotor", yang kemudian polisi Afrika Selatan mengidentifikasi sebagai berlian kasar. Namun, dia berkeras bahwa dia tidak tahu dari siapa hadiah itu meskipun ia berasumsi itu dari Taylor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.