Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Farrow: Berlian Itu dari Taylor

Kompas.com - 09/08/2010, 16:12 WIB

DEN HAAG, KOMPAS.com — Aktris AS, Mia Farrow, Senin (9/8/2010), mengatakan, Naomi Campbell menyebut nama Presiden Liberia, Charles Taylor, sebagai orang yang mengirim sebuah berlian "besar" ke ruangan supermodel itu tahun 1997 dalam kesaksiannya di pengadilan kejahatan perang.

"Dia mengatakan itu setelah ia terbangun. Beberapa pria mengetuk pintunya. Mereka dikirim Charles Taylor dan mereka telah memberinya sebuah berlian besar," kata Farrow pada pengadilan terhadap mantan Presiden Liberia itu di Den Haag.

Farrow dan mantan agen Campbell, Carole White, telah dipanggil untuk bersaksi, Senin, tentang sebuah acara makan malam amal yang diselenggarakan Nelson Mandela, yang kemudian menjadi Presiden Afrika Selatan pada September 1997, setelah dua orang membawa bingkisan berlian ke kamar Campbell di sebuah penginapan. Kedua perempuan itu dipanggil sebagai saksi dalam persidangan Taylor untuk menantang kesaksian Campbell yang menyatakan bahwa dia tidak tahu siapa yang mengiriminya hadiah pada larut malam itu.

Farrow mengatakan dalam kesaksiannya bahwa Campbell telah membicarakan hadiah itu saat sarapan pada pagi harinya, "bahkan sebelum dia duduk". Model ini juga mengatakan bahwa ia berniat untuk memberikan hadiah itu kepada badan amal anak-anak Nelson Mandela.

Farrow dipanggil ke podium pertama walaupun berdasarkan daftar saksi yang diajukan jaksa, White semestinya tampil pertama.

Campbell mengatakan kepada hakim, Kamis, bahwa sejumlah pria memberinya sebuah kantong berisi "batu-batu yang kelihatan kotor", yang kemudian polisi Afrika Selatan mengidentifikasi sebagai berlian kasar. Namun, dia berkeras bahwa dia tidak tahu dari siapa hadiah itu meskipun ia berasumsi itu dari Taylor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com