Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 88 Tewas akibat Banjir di Himalaya

Kompas.com - 06/08/2010, 19:17 WIB

SRINAGAR, KOMPAS.com — Banjir yang terjadi di Ladakh, wilayah utama India di Himalaya, telah menewaskan sedikitnya 88 orang, kata para pejabat, Jumat. Para tentara telah diminta untuk melakukan operasi penyelamatan.

Para pejabat India mengatakan, puluhan orang masih hilang setelah banjir, yang dipicu hujan lebat tak terduga, yang merusakkan rumah, menara telepon, dan bangunan pemerintah di kota Leh di negara bagian Jammu dan Kashmir. "Banjir dan longsor menyambar orang-orang yang tidak sadar (akan bahaya itu) tadi malam dan melenyapkan rumah mereka," kata Nawang Rigzin Jora, Menteri Pariwisata Kashmir. Lebih dari 6.000 tentara India kini melakukan penyelamatan dan berupaya memberi bantuan, kata seorang juru bicara militer.

Para saksi mata mengatakan, ratusan rumah, bangunan pemerintah, dan terminal bus utama diratakan oleh longsor dan banjir itu.

Ladakh, wilayah yang dominasi kaum Buddhis, berbatasan dengan Pakistan dan China. Wilayah itu terkena cuaca buruk yang luar biasa dalam beberapa hari terakhir. Banyak wisatawan yang berdatangan ke tempat itu untuk olahraga petualangan seperti arung jeram terdampar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com