Banjir di Kashmir Tewaskan 40 Orang

Kompas.com - 06/08/2010, 13:01 WIB
EditorEgidius Patnistik

SRINAGAR, KOMPAS.com - Lebih dari 40 orang tewas setelah hujan lebat yang memicu banjir bandang melanda Leh, kota utama di trans-Himalaya di wilayah Ladakh, India.

"Setidaknya 44 orang dipastikan tewas dan puluhan hilang," kata seorang juru bicara Ruang Kontrol Polisi Leh, Jumat (6/8), kepada AFP melalui telepon.

Ladakh merupakan daerah pegunungan, didominasi kaum Buddhis, yang terletak di bagian tenggara daerah yang mayoritas penduduknya Muslim Kashmir. Daerah itu sangat populer dikalangan turis asing yang tertarik melakukan trekking di ketinggian dan sungai yang mengalir. Tidak ada laporan tentang wisatawan yang jadi korban tewas.

Leh yang berada sekitar 3.500 meter di atas permukaan laut, dikelilingi padang gurun tinggi dan curah hujan yang sangat jarang. Juru bicara polisi mengatakan, banjir yang terjadi telah secara efektif membelah Leh. Banjir menggenangi bagian-bagian jalan raya utama ke daerah tujuan backpacker populer, Manali, dan ibukota musim panas Kashmir, Srinagar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X