Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naomi Campbell Beri Kesaksian

Kompas.com - 06/08/2010, 11:44 WIB

KOMPAS.com - Bagi Naomi Campbell, supermodel Inggris, kantong kecil yang dihadiahkan kepadanya setelah sebuah jamuan malam dengan mantan penguasa Liberia Charles Taylor di suatu malam tahun 1997 di Afrika Selatan seperti tidak ada artinya.

Saya melihat beberapa batu, batu sangat kecil yang tampak kotor,” katanya pada Mahkamah Khusus PBB untuk Sierra Leone di Den Haag, Belanda, tetapi menambahkan, dia tidak yakin dari siapa batu sekantong kecil itu.

Naomi Campbell diperiksa dalam sidang kejahatan perang Charles Taylor mengenai klaim yang dibuat oleh aktris Mia Farrow bahwa Taylor memberi supermodel Naomi Campbell berlian yang belum diasah setelah sebuah jamuan makan malam yang diadakan Nelson Mandela, yang mereka semua hadiri di Afrika Selatan tahun 1997.

Pihak penuntut umum mengatakan, kalau benar, cerita itu akan memberikan bukti bahwa Charles Taylor menjual senjata kepada para pemberontak Sierra Leone, tetangga Liberia, sebagai tukar berlian yang belum diasah—kadang dikenal sebagai ”berlian darah”—selama perang sipil negara itu tahun 1992-2002.

Taylor menyangkal tuduhan itu, yang disebutnya sebagai omong kosong.

Mantan penguasa Liberia itu dikenai 11 dakwaan, antara lain menghasut pembunuhan, tindak pemerkosaan, mutilasi, perbudakan seksual, dan direkrutnya anak-anak untuk menjadi tentara selama perang di Liberia dan Sierra Leone, di mana lebih dari 250.000 orang tewas. Charles Taylor menyangkal semua tuduhan itu.

Pada pengadilan Campbell mengatakan, dia dibangunkan di tengah malam setelah pesta jamuan makan pada september 1997 itu oleh dua lelaki kulit hitam yang mengetuk pintu kamar tidurnya dan memberinya sebuah kantong kecil dan mengatakan, ”Sebuah hadiah untuk Anda”, tanpa ada penjelasan lebih lanjut.

Menurut Campbell dalam kesaksiannya, dia kerap menerima hadiah dari penggemar-penggemarnya dan dia meletakkan kantong kecil itu di samping tempat tidurnya serta membukanya keesokan harinya.

”Ketika mereka memberikan kantong itu... saya segera kembali ke tempat tidur. Saya baru melihat isi kantong itu keesokan harinya.”

Dia mengatakan, dia telah menceritakan kembali insiden itu pada saat sarapan kepada aktris Mia Farrow dan agen modelling Carole White.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com