Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadiri Misa Paus, Umat Dipungut Biaya

Kompas.com - 05/08/2010, 05:52 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Umat akan diminta untuk membayar "sumbangan ziarah" sampai senilai 25 poundsterling (sekitar Rp 350.000) untuk bisa menghadiri misa yang dipimpin Paus Benediktus XVI selama kunjungannya di Inggris, kata Gereja Katolik, Rabu (4/8). Pengumuman itu datang di tengah kontroversi di negara mayoritas Anglikan itu atas biaya perjalanan pada September tersebut, yang para pejabat perkirakan mencapai 12 juta pound (atau 18 juta dollar AS).

Konferensi Uskup Inggris dan Wales mengatakan, keuskupan-keuskupan yang akan dikunjungi Paus telah diminta untuk memberikan kontribusi bagi biaya transportasi peziarah. "Banyak yang memutuskan untuk meminta kontribusi peziarah," tambah konferensi para uskup itu dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara Vatikan, Federico Lombardi, menekankan bahwa mereka yang tidak mampu akan dibebaskan, katanya dalam sebuah komentar di harian berbahasa Italia, Corriere della Sera. Acara paling mahal, senilai 25 pound per kepala, yaitu sebuah misa di Birmingham pada tanggal 19 September yang diharapkan dapat menarik 70.000 orang, kata pernyataan dari konferensi para uskup itu. Dalam upacara itu, Paus akan membeatifikasi teolog John Henry Newman, seorang Protestan yang masuk Katolik dan meninggal tahun 1890.

Misa pada 16 September di Glasgow, Skotlandia, akan berbiaya 20 pound dan mencakup sebuah penampilan dari Susan Boyle, yang terkenal di dunia internasional setelah tampil di acara televisi "Britain's Got Talent". Acara termurah akan terjadi di Hyde Park di London pada tanggal 17 September, dengan harga tiket lima pound.

Umat yang hadir pada misa itu akan menerima apa yang disebut "paket ziarah". Paket itu berupa tas jinjing berisi berbagai item termasuk CD peringatan dan sebuah poscard tentang "bagaimana untuk tetap saling berhubungan".

Benediktus XVI akan menjadi paus kedua yang mengunjungi Inggris Raya sejak Raja Henry VIII memisahkan diri dari Gereja Katolik Roma tahun 1534, yang lalu membentuk Gereja Anglikan. Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Inggris, yang memiliki empat juta orang Katolik dari sekitar 61 juta penduduk, pada tahun 1982.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com