Israel Ancam Lebanon dan Hamas

Kompas.com - 05/08/2010, 00:53 WIB
EditorEgidius Patnistik

JERUSALEM, KOMPAS.com - Israel menegaskan Lebanon dan Hamas bertanggung jawab atas serangan terpisah ke wilayahnya minggu ini dan akan merespon tegas setiap kekerasan itu.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dalam sebuah pidato di televisi, Rabu (4/8), mengatakan, "Saya ingin membuat jelas bagi Hamas dan pemerintah Lebanon, bahwa kami lihat mereka bertanggung jawab atas provokasi kekerasan terhadap prajurit kami. Kebijakan kami jelas, Israel merespons dan akan terus merespons dengan kekuatan setiap serangan terhadap warga negara dan tentaranya."

Empat orang, termasuk seorang perwira senior Israel, tewas dalam baku tembak yang jarang terjadi di perbatasan Israel-Lebanon, Selasa. Sementara itu Senin, sebuah roket jarak pendek yang diduga dilontarkan dari Sinai-Mesir, menyerang Israel dan pelabuhan Laut Merah Jordania, yang menewaskan seorang pria di Jordania. Netanyahu mengatakan, serangan itu dilakukan oleh kelompok Islam Palestina, Hamas.

"Saya ingin membuat jelas bahwa penggunaan wilayah milik negara ketiga, untuk menembakkan roket ke Israel, tidak akan membantu Hamas untuk menghindari tanggung jawab," katanya. Hamas, yang memerintah Jalur Gaza, telah membantah terlibat dalam serangan roket pada hari Senin itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.