Vuvuzela Dilarang di Kejuaraan Dunia

Kompas.com - 02/08/2010, 22:51 WIB
EditorA. Tjahjo Sasongko

FRANKFURT, Kompas.com - Kontroversi Vuvuzela berlanjut meski Piala Dunia sepakbola sudah usai. Kini terompet khas Afrika ini dilarang di kejuaraan dunia bola basket di Turki.

Alasannya sederhana, Vuvuzela mengganggu kesehatan. Federasi bola basket internasional (FIBA)  telah mewanti-wanti para pendukung negara peserta untuk tidak membawa barang tersebut ke dalam stadion. Pihak keamanan pun telah diberi perintah menyita barang tersebut apabila terlihat.

FIBA menjadi organisasi olah raga internasional pertama yang secara resmi melarang penggunaan vuvuzela. Alasan pelarangan antara lain mencantumkan alasan kesehatsn. Tingkat kebisingan Vuvuzela dianggap dapat mengganggu pendengaran.

Sekretaris Jenderal FIBA, Patrick Baumann mengatakan Vuvuzela secara mutlak tidak cocok untuk pertandingan yang diadakan di ruangan seperti arena bola basket.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.