Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timor Leste Ingin Menjadi Anggota ASEAN

Kompas.com - 02/08/2010, 22:39 WIB

DILI, KOMPAS.com - Timor Leste secara resmi akan mengajukan permohonan untuk menjadi anggota ASEAN, demikian dikatakan Menteri Luar Negeri Timor Leste, Zacarias da Costa, Senin (2/8/2010).

Menteri Zacarias mengatakan, telah mendiskusikan masalah tersebut dengan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta dan PM Xanana Gusmao.

"Saya dan Bapak Presiden bersama Bapak Perdana Menteri telah membicarakan masalah itu dan akan menggunakan kesempatan untuk mengajukan permohonan," katanya.

"Presiden sendiri yang akan membuat surat permohonan tersebut dan mengajukannnya lewat Presiden Indonesia bahwa Timor Leste ingin secara resmi menjadi anggota ASEAN," kata Menteri Zacarias seperti dikutip jaringan berita "Timornewsline".

Menteri menambahkan, setelah mengajukan permohonan tersebut, Timor Leste akan menunggu keputusan yang akan diambil oleh ASEAN.

Pada Mei silam, Presiden Timor Leste Ramos Horta mengatakan negaranya telah mendapat banyak dukungan untuk bergabung dalam ASEAN pada 2012.

Dalam konferensi pers di Bandara Internasional Nicolau Lobato, Dili, setiba dari kunjungan ke sejumlah negara ASEAN, Horta ketika itu mengatakan ia telah mengantongi dukungan dari Vietnam, Thailand, Kamboja dan Singapura untuk bergabung dengan ASEAN pada 2012.

"Saya baru saja bertemu dengan para perdana menteri dan menteri luar negeri dari negara-negara anggota ASEAN tersebut yang telah menyatakan bahwa mereka mendukung seratus persen masuknya Timor Leste ke organisasi regional itu," kata Horta.

Menurut dia, sebelum dukungan yang dijanjikan oleh empat negara ASEAN itu, Timor Leste telah mengantongi dukungan dari Indonesia, Malaysia, Myanmar dan Filipina.

Ramos Horta mengatakan dengan masuknya Timor Leste ke ASEAN, maka usaha untuk meningkatkan pembangunan di sektor ekonomi, perdagangan, pertanian dan sumber daya manusia akan cepat tercapai di negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com