Tidak Ada Perubahan Hubungan AS-Kuba

Kompas.com - 02/08/2010, 17:20 WIB
EditorBenny N Joewono

HAVANA, KOMPAS.com - Pemimpin Kuba Raul Castro, Minggu (1/8/2010) menyatakan, tidak ada perubahan menyangkut hubungan Kuba-AS meskipun telah diadakan pertemuan dan pembicaraan bilateral.

"Blokade AS terhadap Kuba masih tetap berlaku dan lima warga negara Kuba, yang dipejara atas tuduhan sebagai agen mata-mata menerima hukuman yang tidak adil," kata Castro di depan anggota sidang parlemen.

Ia menyoroti perlakuan kasar dan tindakan kejam aparat keamanan AS terhadap Gerardo Hernandez, warga Kuba, yang masih di penjara AS itu.

Hernandez bersama Rene Gonzalez, Antonio Guerrero, Ramon Labanino dan Fernando Gonzalez, ditangkap pada September 1998 di Kota Miami, AS, ketika memantau aksi-aksi kelompok anti-Kuba.

Lima warga Kuba tersebut akan dianugrahi sebagai pahlawan di negara pulau itu.

Castro mengatakan musuh-musuh Kuba tidak akan bebas, kendati keputusan Kuba baru-baru ini untuk membebaskan 53 tahanan yang dituduh melakukan mata-mata untuk kepentingan Washington.

Kuba menuntut pembebasan lima warganya tersebut dan mendesak AS untuk mengakhiri 48 tahun embargo ekonomi bila Washington ingin memantapkan hubungannya dengan negara pulau tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.