Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Ada Perubahan Hubungan AS-Kuba

Kompas.com - 02/08/2010, 17:20 WIB

HAVANA, KOMPAS.com - Pemimpin Kuba Raul Castro, Minggu (1/8/2010) menyatakan, tidak ada perubahan menyangkut hubungan Kuba-AS meskipun telah diadakan pertemuan dan pembicaraan bilateral.

"Blokade AS terhadap Kuba masih tetap berlaku dan lima warga negara Kuba, yang dipejara atas tuduhan sebagai agen mata-mata menerima hukuman yang tidak adil," kata Castro di depan anggota sidang parlemen.

Ia menyoroti perlakuan kasar dan tindakan kejam aparat keamanan AS terhadap Gerardo Hernandez, warga Kuba, yang masih di penjara AS itu.

Hernandez bersama Rene Gonzalez, Antonio Guerrero, Ramon Labanino dan Fernando Gonzalez, ditangkap pada September 1998 di Kota Miami, AS, ketika memantau aksi-aksi kelompok anti-Kuba.

Lima warga Kuba tersebut akan dianugrahi sebagai pahlawan di negara pulau itu.

Castro mengatakan musuh-musuh Kuba tidak akan bebas, kendati keputusan Kuba baru-baru ini untuk membebaskan 53 tahanan yang dituduh melakukan mata-mata untuk kepentingan Washington.

Kuba menuntut pembebasan lima warganya tersebut dan mendesak AS untuk mengakhiri 48 tahun embargo ekonomi bila Washington ingin memantapkan hubungannya dengan negara pulau tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com