Sembilan Tewas di Kashmir

Kompas.com - 02/08/2010, 10:07 WIB
EditorJosephus Primus

SRINAGAR, KOMPAS.com - Sedikitnya sembilan orang tewas di Kashmir India, Minggu, dalam bentrokan antara pemrotes pro-kemerdekaan dan polisi, kata para pejabat dan sanksi mata.     Empat orang, termasuk seorang gadis, tewas akibat luka tembak ketika polisi melepaskan tembakan untuk membubarkan demonstrasi yang rusuh, sedangkan lima lainnya tewas dalam satu ledakan setelah para pemrotes yang marah membakar gudang peledak kantor polisi.     Sedikitnya 35 orang cedera dalam ledakan di daerah Pampore di luar kota ibu kota musim panas Kashmir, Srinagar itu. Semua koran tewas terjadi dalam bentrokan Minggu (2/8/2010).     Serangan pembakaran Minggu  oleh demonstran anti-India terhadap sebuah kantor polisi di Kashmir itu kemudian menyulut serangkaian ledakan yang menewaskan empat pemrotes dan melukai lebih dari 30 orang, kata polisi.     Massa pemrotes dalam jumlah besar menyerang kantor polisi di desa Khrew, sekitar 20 kilometer sebelah selatan Srinagar, ibukota musim panas Kashmir, yang membuat polisi di dalam kantor itu lari menyelamatkan diri.     Mereka kemudian membakar bangunan tersebut. Api merembet ke tempat bahan peledak yang kemudian menimbulkan serangkaian ledakan yang menghancurkan sebagian besar kantor polisi itu, kata seorang pejabat senior kepolisian kepada AFP melalui telepon.     Serangan terhadap kantor polisi itu dilakukan di tengah gelombang protes di berbagai penjuru Kashmir yang meletus ketika seorang remaja laki-laki berusia 17 tahun tewas setelah terkena tembakan gas air mata polisi pada 11 Juni.     Sebanyak 30 warga sipil tewas sejauh ini dalam bentrokan dengan pasukan keamanan, sebagian besar akibat tembakan polisi. Banyak dari mereka yang tewas itu adalah remaja.    



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.