Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakar Kantor Polisi, 4 Anti-India Tewas

Kompas.com - 02/08/2010, 02:44 WIB

SRINAGAR, KOMPAS.com - Unjuk rasa anti-India disertai pembakaran di kantor polisi Kashmir menyulut serangkaian ledakan yang menewaskan empat demonstran dan melukai lebih dari 30 orang.

Pengunjuk rasa menyerang kantor polisi di Desa Khrew, sekitar 20 kilometer sebelah selatan Srinagar, ibukota musim panas Kashmir, Minggu (1/8/2010) yang membuat polisi di dalam kantor itu lari menyelamatkan diri.

Mereka kemudian membakar bangunan tersebut. Api merembet ke tempat bahan peledak dan menimbulkan serangkaian ledakan yang menghancurkan sebagian besar kantor polisi itu.

Menurut pejabat senior kepolisian kepada AFP melalui telepon, sedikitnya empat pengunjuk rasa tewas, dan sejumlah mayat lain mungkin terkubur di bawah reruntuhan.

Serangan terhadap kantor polisi itu dilakukan di tengah gelombang protes di berbagai penjuru Kashmir yang meletus ketika seorang remaja laki-laki yang berusia 17 tahun tewas setelah terkena tembakan gas air mata polisi pada 11 Juni.

Sebanyak 30 warga sipil tewas sejauh ini dalam bentrokan-bentrokan dengan pasukan keamanan, sebagian besar akibat tembakan polisi. Banyak dari mereka yang tewas itu adalah remaja. Demonstrasi anti-India meningkat tajam di Kashmir sejak kematian remaja itu pada 11 Juni.

Setiap kematian sejak 11 Juni menyulut kekerasan lebih lanjut meski telah ada seruan agar tenang dari Menteri Besar Kashmir, Omar Abdullah. Pemuda dan remaja seringkali termasuk di antara demonstran yang melemparkan batu ke arah pasukan keamanan selama pawai.

Separatis Kashmir mengadakan pawai secara rutin, yang seringkali berbuntut kekerasan, sejak 2008. Ketegangan di wilayah itu tinggi setelah polisi menuduh militer membunuh tiga warga sipil tidak berdosa pada April.

Militer semula menyatakan bahwa mereka membunuh tiga gerilyawan bersenjata namun kemudian memerintahkan penyelidikan dan mulai menindak dua perwira.

Kelompok Pengawas Hak Asasi Manusia mendesak India mengadili para prajurit yang dituduh membunuh tiga warga sipil dalam bentrokan rekayasa di wilayah Kashmir yang disengketakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com