Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biang Keladinya, Film Bollywood

Kompas.com - 31/07/2010, 19:41 WIB

KOMPAS.com - Tak pernah pemerintah Pakistan uring-uringan seperti saat ini. Rupanya, negeri jirannya, India, dianggap jadi biang keladi.

Usut punya usut, sebagaimana tulisan PTI pada Sabtu (31/7/2010), industri film India atawa yang lazim dikenal sebagai Bollywood dianggap terlalu merasuk ke Pakistan. Para pegiat industri sinema Pakistan komplain lantaran bioskop-bioskop negeri itu lebih memilih film-film Bollywood sebagai sajian bagi masyarakat.

Karuan saja, gara-gara inilah, industri film Pakistan gentar. Kata Menteri Kebudayaan Pakistan Aftab Shah Jilani, para pelaku industri itu sudah menyampaikan keluhan kepada pihaknya.

Makanya, sebagai jawaban atas keluhan itu, pemerintah Pakistan berencana melarang peredaran film-film India di seluruh negeri. Peraturan itu mulai berlaku setelah Idul Fitri, September mendatang.

Memang, kebijakan ini berpotensi menyulut pro dan kontra di Pakistan, Khususnya. Sementara pihak menganggap kalau kebijakan ini tidak adil. Di sisi lain, asosiasi industri film Pakistan menyambut baik. Soalnya, menurut mereka, kebijakan itu bisa memacu industri film nasional Pakistan memacu diri menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Kita lihat saja hasilnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com