Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perahu Terbalik di Sungai, 140 Tewas

Kompas.com - 30/07/2010, 03:11 WIB

KINSHASA, KOMPAS.com — Sebuah perahu terbalik di sungai di Republik Demokratik Kongo dan menewaskan sedikitnya 140 orang.

Menurut sumber di kantor Gubernur Provinsi Bandundu, Kamis (29/7/2010), perahu itu mengalami kecelakaan di Sungai Kasai, sebuah anak Sungai Kongo, di wilayah barat negara itu pada Rabu.

"Saya bisa mengonfirmasi kecelakaan itu. Kami saat ini sedang melakukan pertemuan," kata sumber yang tidak bersedia disebutkan namanya. Menurut dia, perahu itu membawa penumpang dan barang dari Mushie, sekitar 30 kilometer dari Bandundu, kota utama di provinsi tersebut.

Pengangkutan melalui sungai digunanakan secara luas di Kongo, negeri di Afrika yang dilintasi sungai sepanjang setidaknya 4.700 kilometer.

Puluhan orang tewas setiap tahun akibat kecelakaan di sungai yang melibatkan perahu yang padat penumpang. Pada November tahun lalu, sedikitnya 73 orang tewas ketika dua perahu tongkang yang terkait tenggelam di Danau Mai-Ndombe di Provinsi Bandundu.

Pada September 2009, lebih dari 250 orang tewas dalam tiga kecelakaan perahu di jalur perairan Kongo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com