Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naomi Campbell Tunda Kesaksian

Kompas.com - 27/07/2010, 03:19 WIB

Den Haag, Senin - Pengadilan kejahatan perang, Senin (26/7) di Den Haag, menunda kesaksian supermodel Naomi Campbell hingga 5 Agustus mendatang. Campbell diminta bersaksi mengenai ”berlian berdarah”.

Campbell diduga menerima berlian dari mantan Presiden Liberia Charles Taylor pada tahun 1997.

Campbell tadinya dijadwalkan memberikan kesaksian pada pada hari Selasa ini.

Pengadilan khusus untuk Sierra Leone memanggilnya agar tampil di hadapan jaksa. Akan tetapi, pengacara Campbell meminta penundaan.

Taylor telah menjalani proses persidangan sejak tahun 2008 karena tuduhan berperan dalam perang sipil di negara tetangganya, Sierra Leone.

Taylor dituduh mempersenjatai para pemberontak di Sierra Leone dengan imbalan konsesi atas tambang berlian ilegal.

Campbell akan bersaksi mengenai pernyataan mantan agennya, Carole White, dan aktris Mia Farrow bahwa dia diberikan berlian oleh Taylor setelah makan malam dengan sejumlah nama tersohor yang diselenggarakan oleh mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela pada September 1997.

Supermodel itu menolak berbicara kepada jaksa mengenai hadiah yang diterimanya. Namun, dia mendapatkan panggilan ke pengadilan untuk menyampaikan kesaksian atau dikenai tuduhan menghina pengadilan.

Jaksa juga memerintahkan Farrow dan White untuk datang dan bersaksi mengenai kejadian di rumah Mandela pada malam itu. Kedua perempuan itu hadir dalam acara makan malam tersebut dan telah bersedia menyampaikan kesaksiannya di hadapan sidang pengadilan. White mengatakan, Campbell bercerita padanya soal berlian itu pagi hari setelah makan malam.

Kesaksian Campbell akan menentukan nasib Taylor. Dukungannya kepada para pemberontak itu telah menghasilkan kengerian dan menjadi topik film Blood Diamond. (AFP/joe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com